nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kehamilan Trimester Pertama Rentan Keguguran, Paula Verhoeven Bisa Terapkan Kiat-Kiat Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 15:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 11 481 2054385 kehamilan-trimester-pertama-rentan-keguguran-paula-verhoeven-bisa-terapkan-kiat-kiat-ini-E2qoKxaW3I.jpg Paula Verhoeven dan Baim Wong (Foto: paulaverhoeven/Instagram)

Kabar bahagia datang dari pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven. Lewat sebuah video yang diunggah ke channel Youtube keduanya, Paula diketahui tengah hamil anak pertama mereka. Usia kandungannya saat ini masih menginjak trimester pertama.

Dalam video tersebut juga diketahui jika pada hamil sebelumnya Paula pernah mengalami keguguran. Oleh karenanya, ketika memeriksakan kandungannya ke dokter, perempuan yang berprofesi sebagai model itu banyak bertanya. Hal itu tentu dilakukan guna menjaga kehamilannya agar janinnya tetap sehat hingga waktunya melahirkan.

 

Melansir Healthline, Sabtu (11/5/3019), keguguran memang rentan terjadi di trimester pertama. Angkanya mencapai 80 persen. Maka dari itu, ibu hamil harus benar-benar memerhatikan kandungannya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keguguran di trimester pertama. Mulai dari kelainan genetik karena adanya masalah dengan kromosom janin, kehamilan ektopik dimana janin berkembang di luar rahim, hingga masalah di plasenta.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kandungannya agar tidak keguguran terutama di trimester pertama. Berikut ulasannya:

Konsumsi asam folat

Penelitian menunjukkan mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari dapat mengurangi risiko cacat lahir yang dapat menyebabkan keguguran. Mulailah mengonsumsi vitamin B ini setiap hari selama kehamilan.

Ikuti gaya hidup sehat

Hindari faktor risiko yang tidak sehat seperti merokok, perokok pasif, konsumsi alkohol, dan penggunaan obat-obatan. Ibu hamil juga perlu membatasi asupan kafein hanya 300 mg atau kurang per hari. Selain menghindari risiko, ibu hamil juga dapat meningkatkan kesehatan dengan cara berolahraga secara teratur, tidur cukup, konsumsi makanan yang sehat, serta mempertahankan berat badan yang sehat.

 

Ambil tindakan pencegahan terhadap infeksi

Ibu hamil perlu mencuci tangan sesering mungkin guna menghindari penyakit seperti flu dan radang paru-paru yang virusnya mudah menyebar. Kalau perlu, lakukan imunisasi dengan meminta saran dari dokter.

 

Kelola kondisi kronis

Jika ibu hamil memiliki masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit autoimun, bekerja samalah dengan dokter untuk merawat dan mengatasinya dengan benar.

 

Praktekkan seks aman

Beberapa penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan. Selama hamil gunakan alat kontrasepsi selama berhubungan seksual guna mengurangi risiko terkena PMS.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini