nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lupakan Shinkansen, Jepang Uji Coba Kereta Peluru Berkecepatan 400 km Per Jam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 14 406 2055555 lupakan-shinkansen-jepang-uji-coba-kereta-peluru-berkecepatan-400-km-per-jam-2mhnH6CB63.jpg Ilustrasi (Foto: Tehcexplorist)

Jepang sudah lama dikenal sebagai salah satu negara maju yang memiliki beragam jenis moda transportasi umum. Salah satunya adalah sistem kereta peluru atau lebih dikenal dengan nama Shinkansen.

Shinkansen menjadi moda transportasi favorit penduduk lokal maupun wistawan karena dinilai lebih efisien dibanding moda transportasi lain. Tapi dalam waktu dekat ini, Anda mungkin bisa berkeliling Jepang lebih cepat berkat kereta peluru terbaru besutan East Japan Railway Company.

Pekan lalu, perusahaan tersebut menguji ALFA-X yang digadang-gadang sebagai kereta peluru tercepat di dunia dengan kecepatan hingga 400 km per jam. Menurut laporan media lokal, desain ALFA-X sendiri sebetulnya terinspirasi dari kereta Shinkansen Jepang yang diluncurkan pada perhelatan Olimpiade Tokyo di tahun 1964 lalu.

 Kereta cepat Jepang

Kereta itu masih beroperasi di seluruh penjuru Jepang, termasuk Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Kereta ini mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 320 km per jam.

"Kereta ALFA-X hanyala prototipe yang digunakan dalam uji coba untuk pengembangan kereta di masa depan," kata Sanshiro Iwamoto, seorang peneliti dari East JR Company kepada USA Today.

Sanshiro menambahkan, kecepatan yang diproyeksikan untuk kereta ALFA-X terbaru ini bisa menyentuh angka 400 km per jam. Namun, kecepatan tersebut hanya akan ditentukan selama masa uji coba berlangsung.

Pada masa uji coba, CNN mencatat bahwa kereta hanya mampu melaju dengan kecepatan 360 km per jam. Meski tidak sesuai dengan prediksi awal, kecepatan kereta tersebut sebetulnya sudah mengalahkan kereta peluru milik China yakni, Fuxing Hao. Kecepatan kereta ini diklaim mencapai 349 km per jam, yang menjadikannya sebagai kereta peluru tercepat di dunia.

Pihak East JR Company sendiri menegaskan bahwa mereka akan terus melangsungkan uji coba selama kurang lebih tiga tahun dari sekarang di Jepang. Sementara peluncuran ALFA-X secara resmi baru akan dilakukan pada tahun 2030 mendatang. Demikian dilansir dari Travel & Leisure, Selasa (14/5/2019).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini