nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui Jenis Cacar Hewan yang Menular ke Manusia, Salah Satunya Cacar Monyet

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 14 481 2055427 ketahui-jenis-cacar-hewan-yang-menular-ke-manusia-salah-satunya-cacar-monyet-GqKr8VZwez.jpg Cacar Monyet (Foto: The Star)

Cacar monyet yang saat ini tengah heboh dibicarakan adalah penyakit yang berasal dari hewan seperti monyet dan tikus. Cacar monyet sebenarnya bukan hal yang baru. Bahkan ada beberapa jenis cacar pada hewan.

Melansir Britannica, Selasa (14/5/2019), setidaknya ada 8 jenis cacar yang bisa terjadi pada hewan. Ada cacar domba dan cacar kelinci yang disebarkan oleh partikel-partikel infeksi melalui udara. Kemudian cacar kuda, cacar unggas, dan cacar tikus yang biasanya disebarkan melalui kontak kulit.

Lalu pada sapi ada 2 jenis yaitu cowpox (vaccinia) dan pseudocowpox (paravaccinia). Cacar jenis ini juga bisa menginfeksi kambing dan puting sapi yang dapat ditularkan ke manusia melalui kontak kulit. Selanjutnya ada cacar kuda (stomatitis pustular menular) yang sekarang jarang terjadi. Terakhir ada cacar babi yang juga jarang terjadi tapi bisa berakibat fatal.

Sementara itu, ada 3 jenis cacar yang bisa menular pada manusia. Pertama penyakit cacar pada umumnya yang dikenal dengan sebutan variola mayor. Penyakit menular akut ini ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, dan sakit punggung. Gejalanya berlanjut ke erupsi pada kulit yang membuat wajah dan anggota badan memiliki benjolan berair.

Cacar disebabkan oleh infeksi virus variola mayor, dari keluarga Poxviridae. Cacar jenis ini tidak secara alami berasal dari hewan. Melainkan dari virus yang tersebar di udara kemudian berkembang dan masuk ke tubuh manusia.

Selanjutnya ada monkeypox atau cacar monyet yang sedang ramai. Penyakit ini ditularkan oleh virus monkeypox yang merupakan bagian dari keluarga virus yang sama penyebab cacar. Maka tak heran jika gejalanya ini mirip seperti pada cacar pada umumnya namun dalam tingkat yang tidak terlalu parah.

Saat terinfeksi, gejala yang muncul adalah demam, sakit kepala, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Beberapa hari kemudian ruam benjolan muncul di wajah dan tubuh. Dalam waktu 2-4 minggu benjolan berubah menjadi kerak dan pada akhirnya rontok. Oleh karenanya perawatan pada cacar monyet tidak begitu menyulitkan.

Terakhir ada cacar sapi yang juga disebut vaccinia. Penyakit pada sapi ini bisa menular kepada manusia. Virusnya sangat terkait dengan variola yang merupakan virus penyebab cacar. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala seperti cacar sistemik pada pasien yang kekebalannya terganggu. Bahkan bisa mengakibatkan ensefalitis meskipun jarang terjadi.

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini