nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Bau Durian, 550 Mahasiswa di Australia Dievakuasi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 02:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 14 612 2055310 gara-gara-bau-durian-550-mahasiswa-di-australia-dievakuasi-L4nNsJ60Cz.jpg

ADA berbagai alasan yang membuat sebagian orang enggan memakan durian. Meski memiliki tekstur lembut, legit, dengan sensasi rasa manis, namun bau durian menjadi salah satu alasan utama banyak orang menolak untuk mengonsumsinya.

Seperti kasus yang terjadi di University of Canberra, Australia, beberapa waktu lalu. Dilansir Okezone dari Foxnews, pihak perpustakaan universitas terpaksa melakukan evakuasi besar-besaran setelah menduga terjadi kebocoran gas di area tersebut.

Sekitar 550 orang terpaksa dievakuasi dalam waktu kurang dari 6 menit, pada Kamis 9 Mei 2019. Tapi ternyata, bau tidak sedap itu bukan berasal dari gas yang mereka duga, melainkan dari bau durian. Hal tersebut diungkapkan sekira satu jam setelah proses evakuasi berlangsung.

"Bau seperti gas itu benar-benar aman, seseorang telah meninggalkan buah duriah di salah satu tempat sampah kami," tulis pernyataan resmi kampus.

Di sejumlah negara selain Asia, buah durian memang tidak disukai. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, tekstur lembut dan berserat yang dimiliki buah ini tidak dapat meluluhkan hati orang-orang Barat karena baunya yang sangat menyengat. Bahkan, beberapa orang mengklaim bahwa aroma durian sama seperti bau bawang yang dimasukkan ke dalam kaus kaki olahraga yang busuk.

Selain kasus evakuasi masal yang dilakukan oleh University of Canberra, pada April 2019, petugas kebakaran di Melbourne mengumumkan sebuah peringatan keras akan adanya bahaya bahan kimia di Royal Melbourne Institute of Technology. Pengumuman tersebut mereka keluarkan setelah mencium adanya bau gas.

Setelah ratusan orang dievakuasi, ternyata kemungkinan kebocoran itu bukanlah berasal dari gas kimia, tetapi gas yang dihasilkan dari bau durian yang membusuk. Buah beraroma menyengat ini dibiarkan membusuk di dalam lemari oleh salah seorang mahasiswa. Aneh-aneh saja ya, Okezoners!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini