nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik Simple agar Punya Umur Panjang Sampai 100 Tahun

Amanda Rahma, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 14 612 2055585 5-trik-simple-agar-punya-umur-panjang-sampai-100-tahun-7basNvQl8G.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HAMPIR setiap orang mengidamkan untuk memiliki umur panjang, dengan berbagai alasan mereka masing-masing. Sayangnya, tidak ada yang mengetahui secara pasti berapa lama kita hidup di dunia ini.

Mungkin Anda berpikir untuk memiliki umur panjang adalah hal yang sulit, lantaran saat ini sudah sangat jarang orang yang bisa hidup sampai usia 100 tahun.

Tapi jangan khawatir, dilansir dari Reader’s Digest, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa bertahan hidup hingga 100 tahun.

Baca Juga: Viral Foto Bocah Menikah dengan Perempuan Dewasa, Ternyata Ini Faktanya!

Ingin umur panjang, coba lakukan hal ini

Kelola stres dengan lebih baik

Stres dapat meningkatkan risiko penyakit yang dapat mempersingkat hidup Anda. Meditasi adalah salah satu metode yang sangat efektif untuk mengurangi dampak kesehatan negatif dari stres, beberapa latihan pernapasan sederhana juga dapat membantu.

Cobalah sekali dalam sehari untuk duduk dengan tenang selama beberapa menit, setelah itu fokus bernapas secara perlahan, cobalah untuk memperlambat napas Anda hingga pada hitungan keempat atau lebih.


Check up

Agar hidup lebih lama, Anda harus melakukan semua yang bisa mencegah penyakit atau paling tidak, mendeteksi penyakit Anda di awal. Itu sebabnya penting untuk menemui dokter sesuai jadwal yang dia rekomendasikan.

Pastikan Anda atau pasangan mendapatkan tes screening seperti mammogram, colonoscopies, dan tes pada prostat. Anda mungkin memerlukan berbagai tes pada usia yang berbeda-beda, jadi selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk hal ini.

Baca Juga: Intip Gaya Paige Milian Kekasih Sterling yang Miliki Rambut Khas Bergelombang

Pastikan Anda atau pasangan mendapatkan tes screening

Jangan sering duduk

Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya, tetapi duduk sama seperti kebiasaan merokok. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk bisa sama mematikannya seperti nikotin.

Jadi, jika Anda ingin umur panjang sampai usia 100 tahun, jangan merokok dan tidak sering duduk. Suatu studi menemukan bahwa waktu luang saat duduk, memiliki risiko mati muda.

Mereka yang menghabiskan lebih dari enam jam waktu duduk dalam sehari memiliki tingkat kematian 19 persen lebih tinggi daripada mereka yang menghabiskan kurang dari tiga jam waktu duduk.  Mau punya umur panjang? Rutinlah berdiri dari tempat duduk Anda.

Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas menempatkan Anda pada risiko beberapa penyakit yang dapat menghalangi Anda untuk hidup sampai berusia 100 tahun, penyakit tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Tidak mengherankan, ini juga ada kaitannya dengan peningkatan risiko kematian.

Berjalan setiap hari

Lakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari seperti berjalan. Selama Anda secara konsisten aktif berjalan, Anda akan menurunkan risiko kematian.

Para ahli menyarankan untuk menemukan lebih banyak aktivitas untuk kehidupan sehari-hari Anda. Berjalan atau bersepeda ke toko, menyedot debu rumah, atau memotong rumput semuanya dapat membantu Anda hidup sampai usia 100 tahun.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini