nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Batik Warisan dengan Teknik Lawasan hingga Menjadi Koleksi Premium

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 08:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 15 194 2055834 kenali-batik-warisan-dengan-teknik-lawasan-hingga-menjadi-koleksi-premium-9yahKnFRCo.jpg Batik Warisan dengan Teknik Lawasan (Foto: Ist)

SEBAGAI warisan leluhur Tanah Air, batik menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan. Keberagaman batik mulai dari kategori batik biasa hingga premium menjadi banyak pilihan bagi pecinta batik.

Salah satu batik premium yang ada di Tanah Air seperti Batik Warisan hadir dengan mempertahankan pakem seni batik tradisional Indonesia. Dalam setiap desainnya yang terlihat kontemporer, Batik Warisan menggunakan teknik lawasan dengan proses pembuatan yang sangat tradisional.

Batik Warisan dengan Teknik Lawasan yang Langka

"Batik Warisan mengembalikan teknik lawas yang maksimal yang menunjukkan dengan jelas kerapian dan keuletan teknik pembatikan modern dengan proses pembuatan sangat tradisional. Pada saat yang sama, karya-karya ini bercerita bahwa modernitas selalu bisa bersanding cantik dengan nafas pendahulu kita," kata Fetty Kwartati, pemilik Batik Warisan di JCC Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurut Fetty, teknik lawasan pada batik sekarang ini sudah sangat sulit dan langka, sehingga tidak heran bila koleksi tersebut masuk ke dalam kategori batik premium dengan menggunakan bahan dasar kain sutra dan katun.

"Teknik lawasan itu pengerjaannya cukup lama, dan orang yang memiliki skill akan teknik ini semakin langka. Apalagi, warna pastel itu lebih sulit untuk membuat hasil yang luar biasa dan unik," kata Fetty. 

Salah satu koleksi Warisan Batik yang pengerjaannya paling lama yakni batik berwarna hijau dengan desain bambu, pembuatannya memakan waktu hingga dua tahun. Hal itu karena pengerjaan kain tersebut dari dua sisi, dengan tingkat kerapatan yang harus dikerjakan oleh orang yang berkompeten.

"Untuk menghasilkan teknik lawasan yang rapi, adalah dengan menggunakan canting nano, yakni canting yang berukuran nol dan di bawah nol, bagian ujungnya tajam atau kecil," pungkas Fetty.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini