nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Makan Gorengan

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 12:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 481 2055945 tips-jitu-mengurangi-kebiasaan-makan-gorengan-4OpVhgzU9L.jpg Kebiasaan makan gorengan berdampak buruk bagi kesehatan (Foto : Bonapetit)

Ketika batuk, Anda akan pasti ramai mendengar orang-orang menyarankan untuk mengurangi makan gorengan. Bahkan, saat sehat walafiat sekalipun, saran untuk membatasi makan gorengan juga sering terdengar.

Memang, apa dampaknya jika terlalu banyak mengonsumsi gorengan? Apakah ada cara untuk membantu mengurangi kebiasaan makan gorengan? Sontek beberapa caranya berikut ini.

Dampak terlalu banyak makan gorengan

Pastel, pisang goreng, kentang goreng, dan makanan goreng-gorengan lainnya memang memiliki banyak penggemar. Bisa jadi Anda salah satunya. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang biasanya garing dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Sayangnya, meski enak, jenis makanan ini cenderung tidak menyehatkan. Penyebabnya tak lain adalah kandungan kalorinya. Makanan yang digoreng cenderung memiliki kalori lebih tinggi dibanding cara mengolah makanan lainnya. Selain itu, menurut sebuah studi, gorengan juga cenderung mengandung lemak jenuh.

Gorengan bisa bahayakan kesehatan

Lemuk jenuh ini berpotensi untuk meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, penyakit kronis lainnya juga semakin gencar menyerang tubuh Anda ketika mengonsumsi gorengan berlebihan. Beberapa di antaranya adalah obesitas dan diabetes tipe 2.

Mengurangi kebiasaan makan gorengan bukan hal yang mudah sehingga Anda perlu cara jitu untuk mengakalinya.

Cara jitu mengurangi makan gorengan

Meski bahaya, bukan berarti Anda sama sekali tak boleh makan gorengan. Anda tetap boleh makan makanan satu ini, hanya saja Anda perlu mengurangi atau membatasinya.

Bagaimana kalau saya sangat menyukai gorengan? Tidak perlu cemas dan bingung, ikuti beberapa cara untuk mengurangi makan gorengan berikut ini:

1. Kuatkan niat Anda

Cara yang paling awal untuk mengurangi kebiasaan makan gorengan adalah memantapkan niat Anda. Kenapa? Jika sudah mantap dengan hal ini, Anda tentu jadi lebih kuat untuk menahan godaan makan gorengan ini dan itu.

Perbanyak membaca informasi yang berkaitan dengan kesehatan, sehingga memantapkan niat Anda untuk hidup lebih sehat dan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Kuatkan niat Anda, gorengan mungkin memang enak, tapi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini