nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Jarang Cuci Bersih Miss V Bisa Bikin Anda Mandul!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 00:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 15 485 2056230 hati-hati-jarang-cuci-bersih-miss-v-bisa-bikin-anda-mandul-ehXk9ETkR1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI seorang perempuan, Anda harus sadar diri rajin menjaga kebersihan genital, terlebih di saat haid. Kalau tidak, akan terjadi gangguan kesehatan hingga membuat Anda mandul!

Sayangnya, 70 persen perempuan pernah mengalami gangguan kesehatan, akibat tidak menjaga higienitas kelamin. Tentu hal ini dapat mengganggu aktivitas karena merasa tidak nyaman. Selain itu, ada potensi membuat Anda mandul.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI dr Erna Muliati, MSc CMFM mengatakan, menjaga kebersihan area genital harusnya dijaga mulai bayi. Apalagi untuk anak perempuan sampai dewasa, kebersihan organ intimnya tidak boleh terabaikan, terlebih saat menstruasi.

Baca Juga: Intip Gaya Busana 5 Artis Nyaleg yang Lolos ke Senayan
Kebersihan organ intimnya tidak boleh terabaikan, terlebih saat menstruasi.

"Kami sudah mengajarkan terkait kebersihan saat menstruasi dari anak-anak sekolah SD, SMP dan SMA. Sehingga ini memudahkan kita menyampaikan lewat UKS di sekolah maupun guru," ucap Erna di sela Edukasi Mundhiparma Indonesia Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Area Kewanitaan di kawasan Jakarta Selatan.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) menambahkan, darah haid lebih banyak mengandung bakteri, sehingga mudah menginfeksi. Karenanya, setiap 2-3 jam Anda dituntut untuk rajin ganti pembalut.

"Setelah itu mencuci kewanitaan dengan antiseptik sangat diperlukan. Karena dapat mematikan bakteri yang tidak normal, tapi masih bisa menjaga keasaman pH vagina," kata dr Dwiana.

Selain dengan antiseptik, cara yang paling mudah untuk membersihkan darah haid ialah dibilas dengan air mengalir. Darah yang menempel di sekitar kewanitaan bisa hilang secara efektif. Ketika terpaksa, dengan tissue basah antiseptik pun disarankan. Tapi Anda harus menyeka dengan benar, dari mulai bagian depan ke lubang anus.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pekan Ini, Gemini dan Scorpio Ketiban Rezeki Nomplok

Anda harus menyeka dengan benar, dari mulai bagian depan ke lubang anus.

Kalau tidak menjaga higienitas, akibatnya penyakit yang paling sering mengintai adalah bakterial vaginosis atau candidiasis. Hal ini tentu sangat menyakitkan dan timbul rasa tak nyaman.

Gejalanya diawali dari rasa gatal di kewanitaan sampai muncul aroma bau tak sedap. Infeksi kandung kemih juga bisa mengintai, apalagi mengarah pada gangguan ketidaksuburan.

"Kalau tidak menjaga kesehatan vagina mandul bisa saja. Karena infeksi jamur itu mengganggu rahim. Jadi sulit mengalami proses pembuahan," ungkap dr Dwiana.

(mrt)

Berita Terkait

Infeksi Vagina

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini