nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Tertua di Dunia Meninggal, Umurnya Capai 123 Tahun

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 12:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 612 2055948 pria-tertua-di-dunia-meninggal-umurnya-capai-123-tahun-f7jBU91oyj.jpg Appaz. (Foto: The Sun)

KEBANYAKAN orang ingin hidup dalam waktu lama, namun kita tidak pernah tahu sejatinya umur yang akan diberikan Tuhan. Nah, pria bernama Appaz asal rusia ini mengaku sebagai pria tertua di dunia.

Seperti diwarta Thesun, Rabu (15/5/2019), dia mengklaim usianya saat ini mencapai 123 tahun. Sayangnya, tak lama setelah mengatakan hal itu, pria tertua di dunia ini diberitakan meninggal dunia.

Lahir pada 1896 dengan nama asli Tsar Nicholas II, Appaz adalah manusia tertua di dunia. Tapi, jika semua yang dikatakannya itu benar. Pasalnya, saat ini rekam jejak tentang dirinya tidak dapat ditemukan.

Pasalnya, akta kelahiran Appaz tidak terselamatkan. Walaupun Appaz sendiri telah tercatat di buku rekor Rusia sebagai pria Rusia tertua sejak 2015 silam.

Baca Juga: Ingin Punya Istri Cantik? Menikahlah dengan Wanita dari 6 Daerah Ini


Appaz sendiri telah tercatat di buku rekor Rusia sebagai pria Rusia tertua sejak 2015 silam.

Saat ini, rekor pria tertua di dunia dipegang oleh Jiroemon Kimura asal Jepang yang lahir pada 1897 dan meninggal pada 2013 lalu, di usia 116 tahun 54 hari.

Pengumuman akan meninggalnya Appaz ini diberikan langsung oleh kepala Republik Ingushetia, Yunus-Bek Evkurov, yang menyatakan bahwa penduduk tertua di Rusia tersebut telah meninggal di usia 123 tahun, meninggalkan delapan orang anak, 35 orang cucu, 34 orang cicit, dan beberapa cicit buyut lainnya.

Menjalani hidup yang begitu panjang, Appaz memang telah melewati berbagai era. Dia pun pernah bertempur saat perang Rusia pada 1917 hingga 1922, hingga Perang Dunia II.

Appaz mengklaim, rahasia berumur panjangnya adalah karena dia menjalani pola hidup yang sangat sehat. Tidak pernah merokok, tidak pernah minum minuman keras, memastikan selalu tidur 11 jam setiap harinya, menghindari obat-obatan dokter.

Baca Juga: Ingin Punya Istri Cantik? Menikahlah dengan Wanita dari 6 Daerah Ini
Dia pun pernah bertempur saat perang Rusia pada 1917 hingga 1922, hingga Perang Dunia II.

Selain itu, dia mengaku jarang menonton televisi, dan aktif bergerak di mana laporan lokal menyebutkan Appaz di usia 119 tahun kala itu masih aktif menjadi gembala.

Begitu juga dengan pola makan, kabarnya Appaz hanya mau mengonsumsi sayur-sayuran segar yang berasal dari kebun sayurnya sendiri, hanya minum air segar dari pegunungan, minum susu sapi, dan juga mengonsumsi daging lokal yang dihasilkan di pedesaan, tempat ia bermukim, desa terpencil, Guli di area Russian Caucasus Mountains.

Kabarnya, pria yang tidak bisa Bahasa Rusia ini memang datang dari keluarga yang rata-rata berumur panjang. Appaz mengklaim bahwa kakeknya juga hidup sampai di usia 120 tahun. Tidak mengherankan jika dia pun bisa menjadi pria tertua di dunia.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini