nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tulisannya Typo, Uang Baru Australia Ini Jadi Bahan Pembicaraan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 16:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 612 2056079 tulisannya-typo-uang-baru-australia-ini-jadi-bahan-pembicaraan-ZzIvfF5RgO.jpg Uang kertas Australia yang salah cetak (Foto: VT)

Setiap negara memiliki mata uangnya sendiri sebagai alat pembayaran yang sah. Namun belum lama ini Reserve Bank of Australia (RBA) mengonfirmasi bahwa 46 juta uang kertas baru dengan pecahan $50 telah diproduksi dengan adanya kesalahan cetak.

Sebelumnya pada Okober RBA mengatakan akan meningkatkan uang $50 model baru mengingat uang tersebut adalah jenis yang paling banyak beredar di Australia. Kabarnya sebagian besar uang kertas tersebut banyak digunakan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Awalnya RBA berjanji akan memberikan desain uang yang lebih baik ketimbang sebelumnya. Selain itu pembuatan uang kertas ini juga diintegrasikan dengan teknologi canggih yang akan menghambat pemalsuan dan meningkatkan aksesibilitas.

 Uang kertas

Uniknya, dengan serangkaian tes teknologi yang canggih, RBA tampaknya kurang memperhatikan ejaan yang digunakannya. Salah satunya adalah kalimat yang tertulis di sebuah nota kuning uang menampilkan kata ‘Responsibility’ dengan ejaan yang salah.

 Baca Juga: Urutan 12 Zodiak Berdasarkan Tingkat Kejujuran, Kamu Ranking Berapa?

Sebagaimana dilansir dari VT, Rabu (15/5/2019), dalam sebuah bagian kuning di lembaran kertas $50, terlihat dengan jelas sebuah tulisan yang panjang dengan huruf yang kecil. Namun insiden salah cetak terlihat dengan jelas dalam satu kalimat yang terletak di baris kedua yang berbunyi “First Woman in an Australian Parlement. It is a great Responsibilty”.

 Uang kertas

Ternyata kurangnya huruf pada uang kertas yang dicetak massal itulah yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat Australia saat ini. Dalam catatan tersebut juga menampilkan penulis dan penemu, David Unaipon bersama dengan kutipan dari buku Legendary Tales of the Aborigines Australia.

Sebagaimana diketahui Asutralia selalu menjadi negara terdepan di dunia dalam hal uang. Pasalnya, Australia adalah negara pertama yang menggunakan uang dari kertas polimer. Uang tersebut diciptakan oleh agen pemerintah federal Australia CSIRO dan pertama kali diperkenalkan pada 1988.

Dibandingkan dengan kertas-kertas standar, uang kertas polimer memiliki daya tahan dan keamanan yang jauh lebih baik. Uang kertas $50 yang baru juga memberikan fitur sentuhan empat benjolan yang dinaikkan. Hal ini memungkinkan para penyandang tunanetra untuk lebih mudah mengenalinya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini