8 Keuntungan Punya Anak di Usia Tua

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 16 196 2056381 8-keuntungan-punya-anak-di-usia-tua-qqZP0QusSc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK sedikit perempuan yang berharap punya anak dan menjadi ibu di usia muda. Pasalnya, selain tidak mau perbedaan umur yang terlalu jauh dengan anaknya, hamil di usia lanjut memang menimbulkan banyak risiko.

Sayangnya, tidak semua perempuan bernasib baik dan hamil di usia muda. Beberapa ada yang baru menikah terlambat, sehingga usianya semakin tua saat sudah punya anak.

Adapula yang sudah lama menikah namun tidak langsung mendapatkan momongan, dan baru ketika usia lanjut diberikan momongan. Apapun itu, satu hal yang harus diingat adalah tidak ada yang salah dengan menjadi ibu di usia yang lebih tua.

Ternyata, hamil di usia tua sebenarnya dapat memberikan keuntungan. Melansir Your Tango, Rabu (15/5/2019), inilah manfaat menjadi ibu di usia yang lebih tua :

Baca Juga: Asal Muasal Mitos Suku Sunda Dilarang Menikah dengan Suku Jawa dan Sebaliknya
hamil di usia tua sebenarnya dapat memberikan keuntungan.

1. Memiliki support system yang cenderung lebih kuat

Semakin tua maka akan semakin banyak orang yang ditemui dan hubungan yang telah dilalui. Teman atau kerabat yang tetap menjalin hubungan baik hingga usia tiga puluhan atau empat puluhan lebih mungkin untuk mendukung seorang perempuan melalui kehamilan dan menjadi ibu.

2. Tidak merasa kehilangan anak masa muda

Saat memiliki anak, orangtua harus siap kehilangan waktunya. Sebab bagaimanapun seluruh waktu akan tersita untuk mengurus anak. Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat seorang perempuan yang memiliki anak di usia muda merasa kehilangan kesempatan untuk bersenang-senang lantaran ada anak.

Sedangkan bagi mereka yang baru menjadi ibu di usia tua bisa lebih fokus merawat dan mengurus anak tanpa harus merasa menyesal karena kehilangan masa mudanya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pekan Ini, Gemini dan Scorpio Ketiban Rezeki Nomplok
bagi mereka yang baru menjadi ibu di usia tua bisa lebih fokus

3. Berada dalam kondisi finansial yang cukup baik

Di usia dua puluhan hingga awal tiga puluhan, perempuan mungkin masih menata masa depan baik itu menyangkut karier, tabungan, maupun investasi. Semakin bertambahnya usia, semakin besar kemungkinan seseorang melewati fase hidup menata dan sudah ada yang mulai merasakan menikmati.

Menjadi aman secara finansial ketika punya anak, dapat membuat seorang ibu merasa bebas untuk membelikan hal-hal penting dan dibutuhkan oleh anaknya tanpa harus merasa terbebani dengan hal lain.

4. Menjadi lebih bijaksana

Semakin lama seseorang menjalani hidup, maka semakin baik pemahaman yang dimilikinya tentang hidup. Dengan begitu, ketika menjadi orangtua maka banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak.

Selain itu, orangtua juga bisa menjadi lebih bijak dan membantu mencari jalan keluar bagi masalah anak.

5. Belajar dari kesalahan teman

Di saat teman-teman sekitar sudah menjadi ibu, otomatis perempuan yang belum memiliki anak akan melihat cara pengasuhan. Jika ada sesuatu yang dirasa salah, perempuan tersebut bisa mencari tahu cara yang benar dan menerapkan hal tersebut dalam mengasuh anaknya kelak. Dengan begitu, dirinya mungkin memilih cara yang lebih baik.

orangtua juga bisa menjadi lebih bijak dan membantu mencari jalan keluar bagi masalah anak.

6. Anak lebih dapat mengontrol emosi dan tumbuh sehat

Sebuah penelitian di Denmark menemukan anak-anak berusia 7 hingga 11 tahun yang lahir dari perempuan berusia 35 tahun ke atas lebih mungkin mengalami sedikit kesulitan emosional, sosial, dan perilaku dibanding anak-anak lain yang lahir dari ibu berusia muda.

Hal ini dikarenakan ibu yang usianya lebih tua memiliki hubungan yang lebih stabil, lebih baik, lebih dewasa, dan lebih positif tentang memiliki anak. Penelitian lain menemukan anak-anak di bawah usia 5 tahun yang memiliki ibu lebih tua terbilang jarang sakit.

7. Lebih mengenal diri sendiri

Semakin tua usia seseorang, maka semakin baik ia mengenal dirinya sendiri. Mulai dari kekuatan, kelemahan, dan hingga hal-hal yang membuatnya bangkit.

Dirinya memiliki gagasan yang lebih baik tentang cara merawat diri sendiri dan cara mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Jika seorang perempuan semakin sadar diri, stabil, dan percaya diri maka dirinya semakin kuat dan tenang menjadi ibu.

8. Memiliki peluang hidup lebih lama

Menurut beberapa penelitian , jika perempuan memiliki bayi di usia tiga puluhan atau empat puluhan maka ia memiliki peluang hidup yang lebih baik. Hal ini dikaitkan dengan pemilihan pola hidup yang lebih sehat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini