nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Tingkatkan Kecerdasan yang Mungkin Tak Anda Lakukan

Harisah Chamil, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 22:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 16 481 2056682 6-cara-tingkatkan-kecerdasan-yang-mungkin-tak-anda-lakukan-QlmXSpIkDG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang pasti memiliki pemikiran dan juga kecerdasan yang berbeda-beda, entah itu dia yang lebih unggul dari yang lain atau bahkan dia yang tertinggal dalam pekerjaan atau apapun karena tidak menggunakan kecerdasannya secara maksimal.

Memang, saat ini ternyata dengan makan makanan ringan, kegiatan-kegiatan atau bahkan hal-hal yang tidak Anda pikirkan untuk meningkatkan kecerdasan otak loh.

Dengan meningkatkan pemikiran yang kreatif, maka Anda bisa meningkatkan pengambilan keputusan. Sebagaimana dilansir dari Reader Digest, berikut trik kecil yang dapat meningkatkan kecerdasan Anda:

Baca Juga: Keseruan Syahrini Masak Nasi Goreng untuk Suami, Ngulek Sambal Sendiri!

Trik pertama ini ternyata dapat membuat Anda menghindari pilihan impulsif. Bersyukurlah atas apa yang telah terjadi kepada Anda.

1. Merasa bersyukur

Trik pertama ini ternyata dapat membuat Anda menghindari pilihan impulsif. Bersyukurlah atas apa yang telah terjadi kepada Anda. Anda bisa melakukannya dengan latihan psikologis, yang telah dirancang untuk menimbulkan berbagai emosi, kemudian akan berpartisipasi dalam tes pengendalian diri.


2. Diet

Ternyata dengan diet yang benar dapat meningkatkan kemampuan berpikir Anda. Jika makan makanan seperti margarin ataupun kue, maka dapat mengacaukan ingatan Anda. Cobalah menghindari makanan olahan tertentu, karena itu dapat meningkatkan kekuatan otak Anda dalam berpikir sehari-hari.


3. Menghabiskan waktu dengan cucu

Menghabiskan waktu dengan merawat dan bermain bersama cucu adalah pilihan yang tepat, karena itu dapat membuat pikiran tetap tajam.

Menurut sebuah studi di Australia, nenek yang bermain bersama cucu dalam seminggu sekali, tes kognitifnya lebih baik daripada mereka yang jarang bertemu atau bahkan tidak sama sekali bermain dengan cucunya.

Baca Juga: Filter Kamera Bikin Cantik, Yenny Wahid : Setiap Gurat di Wajah Adalah Torehan Tinta Lembar Kehidupan

Selalu gunakan kesempatan yang ada jika Anda dapat mempelajari hal yang baru,

4. Mencoba hal-hal baru

Jika Anda melakukan kegiatan yang baru tetapi itu tidak menguntungkan Anda, jangan khawatir, kemungkinan itu akan Anda pelajari di kemudian hari.

Selalu gunakan kesempatan yang ada jika Anda dapat mempelajari hal yang baru, karena melakukan hal sederhana ini akan membuat otak Anda menjadi lebih baik.


5. Merenung

Mencatat waktu setelah melewatkan hari yang panjang, untuk merenungkan apa yang Anda pelajari ternyata itu dapat membantu Anda menjadi lebih pintar. Hal itu membantu menghilangkan stres dan meningkatkan stimulasi mental serta kecerdasan Anda. Pikirkan selama 10 menit, lihat ke mana pikiran akan membawa Anda.

6. Pakai lampu yang lebih terang

Menambahkan faktor kecerdasan Anda bisa saja dengan menggunakan lampu yang lebih terang dari biasanya. Karena dengan memaparkan diri pada pencahayaan tertentu, dapat meningkatkan kewaspadaan mental, fokus, dan juga kinerja yang kognitif.

7. Bermain ke alam

Menurut penelitian yang menunjukkan bahwa keluar ke tempat alam dapat meningkatkan pemecahan masalah secara kreatif sebanyak 50 persen.

Studi lain menunjukkan jIka Anda tidak punya waktu untuk bepergian ke alam, hanya dengan menatap gambar-gambarnya saja bisa meningkatkan dan juga menyelesaikan tugas tanpa kesalahan.

Studi lain menunjukkan jIka Anda tidak punya waktu untuk bepergian ke alam, hanya dengan menatap gambar-gambarnya

8. Fokus pada satu hal dalam satu waktu

Mungkin Anda bangga jika memiliki kemampuan yang dapat melakukan banyak tugas sekaligus, namun itu bukan berarti Anda cerdas. Faktanya, jika Anda mencoba fokus lebih dari satu hal dalam satu waktu maka dapat menurunkan kemampuan otak Anda.

Sebuah studi Stanford menemukan bahwa multitasking kurang produktif daripada mereka yang melakukan satu hal dalam satu waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini