5 Tips Penting Bagi Kamu yang Menyusui saat Berpuasa

Advertorial, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 17 12 2057007 5-tips-penting-bagi-kamu-yang-menyusui-saat-berpuasa-v7L43N05X8.jpg Foto: Ist

PUASA saat menyusui memang masih jadi dilema bagi sang ibu. Sang ibu tentunya ingin memberikan asupan ASI yang baik bagi bayinya tetapi ia juga tidak ingin melewatkan ibadah puasa Ramadan yang datang satu tahun sekali. Namun jika ibu menyusui tidak berpuasa, maka dapat menggantinya di lain hari atau membayarkan fidyah sesuai banyak hari yang ditinggalkan.

Ibu menyusui juga tetap berpuasa Ramadan namun, jangan lupa beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tetap dapat memberikan ASI yang bernutrisi bagi si buah hati. Simak tips berikut ini yang harus diikuti oleh ibu menyusui yang berpuasa.

Perhatikan Usia Bayi

ist

Perhatikan Usia Bayi (c) Tribunnews.com

Sebagai ibu menyusui, tak hanya kesehatanmu tapi pastinya kesehatan si Kecil juga harus diperhatikan. Sehingga kamu harus berkonsultasi dengan dokter apakah bisa berpuasa atau nggak. Umumnya, ibu menyusui dengan bayi yang telah memasuki usia 6 bulan diperbolehkan untuk berpuasa. Soalnya, di masa ini bayi udah mendapatkan makanan pendamping asi. Sedangkan bayi di bawah 6 bulan masih sangat bergantung terhadap asi.

Makan yang Benar dan Bernutrisi

ist

Makan yang Benar dan Bernutrisi (c) Alodokter

Tips puasa untuk ibu menyusui berikutnya adalah tetap makan sebanyak tiga kali dalam sehari, yaitu saat berbuka, makan malam, dan sahur. Selain itu, perhatikan juga komposisi nutrisi yang terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat.

Perbanyak Minum Air Putih

ist

Minum Air Putih yang Banyak (c) Suara.com

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah kondisi tubuh yang sering dialami oleh orang berpuasa. Ibu menyusui pun mengalami kondisi ini. Jadi jangan lupa untuk menerapkan pola 2-4-2 saat berpuasa, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi jus buah atau susu untuk mendapatkan stamina tambahan.

Konsumsi Makanan Pelancar Asi

ist

Konsumsi Makanan Pelancar Asi (c) Orami

Tips puasa untuk ibu menyusui yang nggak kalah pentingnya adalah mengonsumsi makanan pelancar ASI. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya, jamu air, semangka, dan juga kecambah.

Pumping dan Menyusui Semaksimal Mungkin

ist

Jangan takut akan ASI yang nggak lancar, karena prinsip ASI tetap sama, yaitu suppply by demand. Jadi, semakin sering ASI dikeluarkan maka ASi akan tetap lancar.

Semoga tips untuk ibu menyusui di atas bisa kamu lakukan agar berpuasa dan menyusui tetap lancar. Jangan lupa juga untuk memiliki waktu istirahat yang cukup, karena ibu menyusui pasti cepat lemas dan lelah saat berpuasa. Pastikan memiliki waktu untuk merilekskan badan dan pikiran.

Jika badan kamu mulai lelah, salah satu cara relaksasi badan dan pikiran yang efektif adalah dengan melakukan pijatan. Dengan melakukan pijatan di malam hari setelah berpuasa akan merilekskan badan dan pikiran kamu.

Nggak usah bingung harus pijat ke mana, cukup pesan terapis yang berpengalaman di GO-MASSAGE hanya dengan klik disini. "#PijetVersiGw itu pijet supaya badan segar, ASI lancar!"

Yuk, pesan GO-MASSAGE..

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini