nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Manfaat Susu, Bisa Memperpanjang Umur Kita Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 17 298 2056930 sederet-manfaat-susu-bisa-memperpanjang-umur-kita-loh-cIElfj4lNA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SUSU memang menjadi pelengkap menu makanan. Susu mengandung tiga nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Sayangnya, masih banyak yang belum sadar pentingnya minum susu.

Sebagaimana diketahui, susu juga mengandung beberapa kandungan mikro seperti kalsium, potasium dan magnesium yang ada di dalamnya. Memang, susu tidak hanya baik untuk tulang, ada beberapa

Hal ini pun dibenarkan oleh Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK. Menurutnya susu tidak hanya bagus untuk pertumbuhan tulang saja, tetapi mampu membantu menurunkan tekanan darah seseorang.

Baca Juga: 5 Risiko Mandi Malam Hari, Gak Cuma Reumatik Loh!

susu tidak hanya bagus untuk pertumbuhan tulang saja, tetapi mampu membantu menurunkan tekanan darah seseorang.

"Asupan dairy foods yang disertai dengan diet rendah garam bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah pada kelompok hipertensi. Kalsium, kalium dan magnesium yang terkandung dalam susu berfungsi mengatur tekanan darah," terang dr. Diana.

Lebih lanjut dr. Diana menambahkan, diet tinggi produk susu juga dapat mengurangi gejala kanker kolorektal dan memperpanjang masa hidup seseorang. Keuntungan lain dari susu juga bisa dirasakan bagi para lansia yang rutin mengonsumsinya.

"Lansia yang rutin minum susu mempunyai antioksidan dan glutathione dalam jumlah yang tinggi di otak. Glutathion merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi otak manusia terhadap reactive oxygen species (ROS) dan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak dan menyebabkan stres oksidatif," jelas dia.

Baca Juga: Potret VJ Laissti yang Bikin Baper Usai Nyuapin Ariel NOAH, Geulis Pisan!

Susu juga bisa menjadi salah satu bahan makanan yang membantu seseorang untuk tetap kenyang

Di sisi lain, susu juga bisa menjadi salah satu bahan makanan yang membantu seseorang untuk tetap kenyang dan tidak mudah lapar. Tentunya, susu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan, dan tidak ingin mengonsumsi banyak makanan.

"Kandungan lemak dalam susu yang lebih tinggi dapat membuat seseorang kenyang setelah mengonsumsinya sehingga dia tidak makan lebih banyak lagi. Intinya konsumsi susu full cream dengan pengaturan kalori yang tepat, mampu membantu mengontrol berat badan Anda," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini