nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Aturan Makan Durian bagi Ibu Hamil

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 07:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 17 481 2056789 ini-aturan-makan-durian-bagi-ibu-hamil-5t20SQmY2k.png Perhatikan aturan makan durian bagi ibu hamil (Foto : Youngparents)

Selama mengandung, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Selain itu, ada pula makanan yang jumlah konsumsinya harus dibatasi. Salah satunya adalah durian.

Tidak ada larangan ibu hamil untuk mengonsumsi durian. Tapi, meskipun dijuluki King of Fruit, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan buah tersebut adalah makanan super untuk kehamilan. Menurut konsultan kebidanan dan kandungan, Dr Goh Shen Li, ibu hamil dipersilahkan memakan durian tetapi harus diimbangi dengan berolahraga.

"Hal ini dikarenakan durian tinggi gula dan karbohidrat. Sebagai contoh, lima biji durian berukuran sedang mengandung sekitar 160 kalori, lebih tinggi dari kaleng minuman bersoda ukuran 330 ml," jelas Dr Goh seperti yang Okezone kutip dari Asia One, Jumat (16/5/2019).

Berdasarkan penjelasan tersebut, ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional sama sekali tidak boleh mengonsumsi durian. Sedangkan ibu hamil yang kondisinya sehat biasanya diperbolehkan hanya mengonsumsi satu biji durian. Kembali lagi, hal ini dikarenakan durian tinggi gula dan karbohidrat. Memakannya secara berlebihan dapat membuat janin kelebihan bobot.

durian aman dimakan ibu hamil

Di sisi lain, ibu hamil yang janinnya memiliki bobot kurang memang disarankan untuk mengonsumsi durian. "Durian adalah buah berkalori tinggi yang dapat membantu menambah berat badan bayi jika bobotnya kecil. Tapi hal ini berlaku hanya untuk ibu hamil yang kenaikan berat badannya buruk, tidak berlaku bagi masalah plasenta atau tali pusat," tambah Dr Goh.

Oleh karenanya, sangat penting bagi ibu hamil untuk berkonsultasi ke dokter kandungan sebelum mengonsumsi durian. Ingat pula jika nutrisi yang dibutuhkan bukan hanya karbohidrat. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur dan daging. Pantau pula kenaikan berat badan selama hamil. Idealnya bobot tubuh hanya bertambah 12-16 kg.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini