nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Memilih Jasa Layanan Home Care Jelang Lebaran

Jum'at 17 Mei 2019 17:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 17 481 2057037 4-tips-memilih-jasa-layanan-home-care-jelang-lebaran-fP4oqJnXJN.jpg Layanan Home Care. (Foto: Okezone)

PERUSAHAAN penyedia layanan home care terbesar di Indonesia, Insan Medika, optimistis bisa melayani 500 pasien di momen Lebaran tahun ini.

Layanan home care dari Insan Medika menyediakan perawat medis, perawat untuk orang sakit dan lansia (caregiver), serta perawat anak. Khusus untuk caregiver, peminatnya makin banyak karena diikuti oleh pertumbuhan jumlah lansia di Indonesia.

Menurut data Sensus Ekonomi Nasional BPS menyebutkan pada tahun 2017, jumlah lansia ada sebanyak 23,4 juta jiwa atau setara dengan 8,97% dari total penduduk Indonesia. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah menjadi 33,7 juta jiwa di tahun 2025.

Hal tersebut dibenarkan oleh Try Wibowo, Founder & CEO Insan Medika yang menyebutkan adanya kenaikan permintaan saat Lebaran hingga tiga kali lipat.

Baca Juga: Potret VJ Laissti yang Bikin Baper Usai Nyuapin Ariel NOAH, Geulis Pisan!


Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan akan jasa perawat home care, khususnya caregiver meningkat drastis.

Karena itu, Try berbagi tips memilih jasa layanan home care yang tepat agar tidak salah pilih:

1. Cari rekomendasi layanan home care yang terpercaya

Sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui mana penyedia layanan home care terbaik. Bisa dengan mengunjungi website resmi mereka, cek media sosialnya, atau melihat referensi di media massa.

Bisa juga tanyakan kepada kerabat atau keluarga yang pernah menggunakan jasa home care sebelumnya, atau mereka yang mengetahui penyedia layanan seperti ini.

2. Pastikan perawat sudah terdaftar

Penting untuk menanyakan kepada penyedia layanan home care apakah perawat mereka telah memiliki Surat Tanda Register (STR) atau belum. Cek biografi dan profil perawat, serta pengalaman dari perawat yang akan dipilih.

Insan Medika memberi layanan yang memungkinkan pengguna bisa meng-interview langsung calon perawat yang akan dipilih.

Baca Juga: 5 Risiko Mandi Malam Hari, Gak Cuma Reumatik Loh!

Insan Medika memberi layanan yang memungkinkan pengguna bisa meng-interview langsung calon perawat yang akan dipilih.

3. Mintalah untuk mengecek kondisi pasien dulu

Minta kepada penyedia layanan home care agar perawatnya bisa mengecek kondisi pasien terlebih dulu sebelum melakukan pembayaran. Ketika semuanya telah sepakat, dan perawat sudah datang ke rumah, barulah proses pembayaran dilakukan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

4. Pastikan layanan pengaduan responsif

Ketahui bagaimana perawat memperlakukan pasien dengan ikut memperhatikan kinerjanya. Bila ada permasalahan segera adukan ke penyedia layanan home care tersebut. Karena itu, penting untuk memilih penyedia layanan yang memiliki respons pengaduan cepat dan dapat diakses 24/7 non-stop.

Insan Medika penerima penghargaan “Best Home Care Operator 2018” dari Ageing Asia Singapore telah beroperasi sejak tahun 2014 dari kantornya yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Selama 5 tahun kami beroperasi, total kami telah memiliki 3.000 perawat/caregiver dan telah melayani tidak kurang dari 10.000 pasien dari seluruh Indonesia," ungkap Try.

Try Wibowo juga menambahkan, tarif perawat/caregiver infal di momen Lebaran berkisar antara Rp4,5 juta untuk perawat lansia, dan Rp6 juta untuk perawat orang sakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini