nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Konsumsi Susu Sapi A2 untuk Berbuka Puasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 17 481 2057054 manfaat-konsumsi-susu-sapi-a2-untuk-berbuka-puasa-xXx1oMlvdV.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

Susu merupakan salah satu sumber makanan lengkap yang ada di planet ini. Tak hanya kebutuhan makro yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat, susu juga memiliki nutrisi mikro yang terdiri dari vitamin dan bermacam-macam mineral.

Meski demikian, beberapa orang ternyata banyak yang mengalami masalah pada susu sapi. Entah disebabkan alergi atau intoleransi laktasi. Akibatnya beberapa orang menjadi enggan untuk mengonsumsi susu meskipun memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Saat ini telah hadir susu dengan yang dihasilkan oleh sapi A2. Susu ini dipercaya lebih aman bagi manusia dan mudah untuk diserap oleh tubuh. Hal ini pun dibenarkan oleh Ahli Gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc.

 Perempuan minum susu

Menurutnya susu yang berasal dari sapi A2 memiliki kandungan protein A2. Kandungan protein ini sama seperti human milk sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain susu A2 ini juga bisa mengatasi rasa mual atau kembung karena berbeda dengan susu biasanya.

 Baca Juga: 5 Tips Penting Bagi Kamu yang Menyusui saat Berpuasa

“Sapi A2 adalah sapi yang telah diseleksi khusus melalui tes DNA, yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2, yaitu senyawa protein alami pada susu sapi yang mudah dicerna tubuh sama seperti protein dalam ASI,” terang dr. Rizal, dalam acara Kin Fresh Milk di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 16 Mei 2019.

Selain itu dr. Rizal mengatakan bahwa susu bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Gizi yang terkandung dalam susu sapi dinilai bisa mencukupi kebutuhan gizi pada tubuh setelah seharian berpuasa.

“Berpuasa dengan jeda 13-14 jam perhari sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Susu sapi adalah pilihan yang tepat karena dengan meminum susu dalam kondisi perut kosong dapat penyerapan zat gizi pada tubuh menjadi lebih maksimal,” tuntasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini