nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik agar Memiliki Anak Kembar

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 17 481 2057180 5-trik-agar-memiliki-anak-kembar-NnSZ1Ch5lM.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Memiliki perencanaan hidup yang matang dianggap penting bagi sejumlah orang. Termasuk tentang memiliki anak dalam keluarga. Sebagian perempuan berharap melahirkan anak kembar dari rahimnya.

Bila Anda salah satu dari orang tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari Healthline, ini lima cara memiliki anak kembar, Sabtu (18/5/2019):

Menikah dengan keturunan kembar

Peluang memiliki anak kembar semakin besar jika salah satu di antara pasangan atau bahkan keduanya ada riwayat keluarga kelahiran kembar. Peluang semakin tinggi apabila yang memiliki riwayat adalah pihak wanita. Menurut The American Society for Reproductive Medicine , wanita yang merupakan anak kembar memiliki peluang 1:60 untuk memiliki anak kembar. Sedangkan jika yang kembar adalah pihak pria, maka peluangnya menjadi 1:125.

Selain itu, etnis tertentu seperti Nigeria juga dikatakan memiliki peluang kehamilan kembar yang tinggi. Oleh karenanya, jika Anda berencana memiliki anak kembar namun tidak ada riwayat keluarga, menikahlah dengan seseorang yang ada riwayat kembar di keluarganya.

 Bayi kembar

Melalui program bayi tabung

Kemajuan teknologi seakan membuat segala sesuatu bisa terwujud. Salah satunya keinginan untuk memiliki anak kembar. Pasangan bisa mencoba program in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung yang merupakan jenis teknologi reproduksi berbantuan (ART). Program ini melibatkan penggunaan intervensi medis untuk hamil dimana sel telur wanita dan sperma pria dikeluarkan sebelum dibuahi.

Keduanya kemudian diinkubasi bersama di piring laboratorium untuk membentuk embrio. Kemudian dokter akan menanam embrio di dalam rahim wanita dan diharapkan berkembang menjadi janin. Untuk meningkatkan kemungkinan hamil, maka akan ada beberapa embrio yang akan ditanam. Cara tersebut meningkatkan peluang hamil anak kembar.

 

Menggunakan obat kesuburan

Obat kesuburan dirancang untuk meningkakan jumlah sel telur yang diproduksi di indung telur wanita. Semakin banyak telur diproduksi, maka kemungkinan besar lebih dari satu telur dapat dilepaskan dan dibuahi. Jika pembuahan terjadi pada saat bersamaan maka dapat menyebabkan kembar fraternal. Obat kesuburan yang biasanya diresepkan untuk meningkatkan kehamilan anak kembar adalah clomiphene dan gonadotropin.

 

Hamil di atas usia 30 tahun

Wanita yang berusia di atas 30 tahun memiliki peluang lebih besar untuk memiliki anak kembar. Hal ini dikarenakan mereka cenderung melepaskan lebih dari satu sel telur selama ovulasi. Ibu yang berusia antara 35-40 tahun yang telah melahirkan juga memiliki peluang lebih besar untuk hamil kembar.

Memiliki bentuk tubuh tertentu

Hamil kembar fraternal lebih sering terjadi pada wanita yang berbadan besar. Entah itu karena tinggi badan atau berat badan berlebih. Para ahli belum tahu secara pasti alasan dibalik kemungkinan tersebut. Namun beberapa menduga wanita berbadan besar mengonsumsi lebih banyak nutrisi tertentu yang meningkatkan peluang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini