nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gurih dan Hangat, Perkedel Jagung Padang Panjang seperti Cinto Uda...

Rus Akbar, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 17:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 18 298 2057376 gurih-dan-hangat-perkedel-jagung-padang-panjang-seperti-cinto-uda-1UpG2TbdIR.jpg Perkedel jagung di Pasar Takjil Padang (Foto: Rus Akbar)

JALAN -jalan ke Bukittinggi pasti akan melewati jalur air terjun di Lemba Anai, apalagi naik bus antar kabupaten atau travel dan bisa juga dengan kendaraan pribadi. Sesampai di lokasi tersebut bus akan berhenti dan naik penjaja perkedel jagung atau bahasa daerah paragede jaguang yang dijual dengan kantong kresek warna bening dan warna kuning.

Saking tenarnya perkedel ini muncul pemeo dikalangan anak muda, Cinto uda samo adiak mode paragede jaguang di Lembah Anai, angek tarui. (Cintaku abang sama adek seperti perkedel jagung di Lembah Anai, hangat terus). Biasanya perkedel ini dibuat di Kota Padang Panjang merupakan ciri khas makanan ringan di daerah itu.

Tapi tenang saat Ramadan ini bagi yang suka mencicip perkedel jagung ini tidak perlu ke Lembah Anai atau ke Padang Panjang karena jarak tempuh ke lokasi tersebut sampai dua jam. Nah di Pasar Pabukoan (Takjil) di Pasar Raya Padang ada yang membuat parkedel tersebut. Pembuatnya juga langsung dari Padang Panjang.

 Fauziah sangat mudah, kalau sudah lengkap resepnya menggorengnya hanya lima menit sudah siap saji.

“Sejak dibuka Pasar Pabukoan ini saya dan suami langsung kesini dengan kendaraan roda dua, sementara alat memasaknya dititipkan di rumah keluarga yang ada di Kota Padang,” tutur Fauziah (24) penjual perkedel pada Okezone.

Parkedel jagung ini punya aroma yang mengundang selera, rasanya manis, sedikit pedas, untuk membuatnya menurut Fauziah sangat mudah, kalau sudah lengkap resepnya menggorengnya hanya lima menit sudah siap saji.

Fauziah juga membeberkan bahan perkedel ini, bahan paling utama itu adalah jagung manis (sisir dan ulek kasar), tepung terigu, batang seledri iris, batang daun bawang iris, merica bubuk, garam dan gula secukupnya. Kemudian cabe merah secukupnya, bawang merah dan putih secukupnya. Kemudian semua resep tersebut dihaluskan dan diaduk rata. Kemudian digoreng dengan minyak. “Lima menit sudah siap untuk disajikan, enaknya dimakan saat hangat terasa gurihnya,” tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini