nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transgender Ini Nekat Operasi Vagina Pakai Kulit Ikan

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 19 194 2057543 transgender-ini-nekat-operasi-vagina-pakai-kulit-ikan-I3BCWuWUpR.png Operasi Vagina dengan Kulit Ikan (Foto: The Sun)

PERNAHKAN terlintas dalam pikiran Anda, bahwa kulit ikan akan digunakan untuk sebuah tindakan operasi pada manusia?

Percaya atau tidak, melakukan operasi dengan menggunakan kulit ikan ini nyata terjadi. Di mana kulit ikan ini digunakan dalam sebuah tindak operasi vagina untuk seorang wanita transgender bernama Maju. Operasi pembuatan vagina yang dibentuk menggunakan kulit ikan nila setelah alat kelaminnya mulai menyusut dan menutup setelah operasi yang gagal.

Pemakaian kulit ikan sebagai material utama dalam operasi Miss V yang memakan waktu hingga tiga jam lamanya ini disebutkan jadi prosedur yang sangat kompleks, disebut dengan neovaginoplasty. Menggunakan cetakan akrilik berbentuk tabung yang dibungkus dengan kulit ikan air tawar dalam bentuk prothesis biologis untuk membangun kembali dan memperluas saluran vagina.

Prosesnya melibatkan memasukkan dua cetakan terpisah untuk membuat vagina baru. Perangkat pertama dipasang dengan membran laut lalu dimasukkan ke dalam vagina selama enam hari. Tentunya, karena terjadinya kontak dengan tubuh pasien, kulit ikan disterilkan dan tidak berbau. Kemudian kulit ikan menampilkan sifat pertumbuhan sel stimulasi, kulit ikan nila yang dipakai disebutkan kaya akan kandungan kolagen tipe 1, suatu zat yang mendorong penyembuhan dan memiliki kekencangan dan elastisitas yang kuat seperti kulit manusia.

Kemudian, perangkat kedua dibuat dari silikon yang digambarkan seolah sebagai tampon yang sangat besar, yang dirancang untuk tetap berada di dalam vagina hingga enam bulan untuk mencegah dinding menutup. Uniknya, disebutkan pula bahwa perangkat dapat dilepas setelah periode ini jika diinginkan loh!

Perihal operasi pembentukan vagina dengan menggunakan kulit ikan ini, Professor Leonardo Bezerra selaku dokter yang melakukan operasi vagina ini menyebutkan bahwa pemakaian kulit ikan dalam operasi pembentukan vagina, nyatanya memberikan hasil yang memuaskan.

“Kami mampu membuat vagina dengan panjang fisiologis, baik dalam ketebalan maupun dengan memperbesarnya, dan pasien telah pulih dengan sangat baik. Dia berjalan dengan mudah, tidak sakit dan aktivitas buang air kecilnya pun normal. Dalam beberapa bulan kami percaya dia akan bisa /melakukan hubungan seksual,” jelas Professor Leonardo Bezerra, seperti dikutip Thesun, Minggu (19/5/2019).

Proses operasi memakai kulit ikan ini, kabarnya sedang dipuji sebagai terobosan lain dalam pembedahan ginekologi yang menangani masalah sensitif menggunakan kulit hewan akuatik, yang biasanya dibuang sebagai limbah, untuk bisa dimanfaatkan sebagai pengganti jaringan regeneratif manusia.

Sementara itu di sisi lain, Maju mengaku memutuskan untuk melakukan operasi pembentukan vagina ini karena semenjak 10 tahun lalu ia mengalami apa yang dinamakan dengan stenosis vagina.

“Saya orang keempat di Brazil sejak 1999 yang melakukan operasi eksperimental. Tapi 10 tahun lalu saya mengalami stenosis vagina, pembukaan vagina saya mulai menjadi lebih sempit dan lebih pendek dan salurannya hancur,” ungkap Maju kepada FocusOn News.

Di mana akhirnya kondisi tersebut membuat Maju tidak nyaman dan tidak bisa melakukan hubungan intim dengan pasangannya, yang sekarang telah berpisah. 

Well, disebutkan lebih lanjut sejak mengembangkan teknik ini tiga tahun lalu, Professor Leonardo Bezerra telah berhasil mengoperasi 10 orang wanita dan memperbaiki kondisi yang menyebabkan vagina dan uterus tidak berkembang atau tidak ada.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini