nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekspresi Merem Melek Bule Minum Jamu Pinggir Jalan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 08:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 298 2057777 ekspresi-merem-melek-bule-minum-jamu-pinggir-jalan-BusYOR069D.jpg Bule minum jamu (Foto: Mba Tine Bule/Youtube)

Jamu sudah menjadi bagian dari keseharian orang Indonesia. Tidak semua doyan memang, tapi kebanyakan merasakan khasiat dari minuman yang dikatakan orang cukup pahit tersebut. Lalu, bagaimana jika bule minum jamu?

Ya, lidah bule tidak terbiasa dengan sesuatu yang 'strong' dalam hal rasa. Tapi, bule cantik ini coba membuktikan kalau orang asing tetap bisa minum jamu yang rasanya sangat pahit. Aksinya ini dia rekam dalam video Youtube Mba Tina Bule.

Di video ini, Tina awalnya mengaku sedang tidak enak badan dan beberapa orang Indonesia menyarankan dia untuk mencoba jamu. Minuman tersebut dianggap sangat berkhasiat untuk menyembuhkan badan yang kurang sehat.

"Hari ini saya sedikit sakit, badannya tidak enak. Nah, kalau orang Indonesia, sedikit sakit minuman jamu, kan? Jadi, saya mau ke tukang jamu nih biar badannya cepet sembuh dan lebih enak," kata Tina dalam video berdurasi 10 menit 12 detik tersebut.

 Perempuan minum jamu

Kemudian Tina pun pergi ke tukang jamu di depan gang rumahnya. Ya, tukang jamu yang biasanya nongkrong di pinggir jalan. Sesampainya di tukang jamu, Tina kembali menjelaskan kondisi tubuhnya. Lalu, si mas-mas tukang jamu merekomendasikan jamu pegal linu yang dicampur dengan Tolak Angin.

Sebelum si mas-mas membuat jamu, Tina sempat menanyakan beberapa pertanyaan dan dia cukup kaget saat tahu di kedai jamu ada telur, madu, beras, dan kencur. Lalu, dijelaskan ke Tina kalau itu semua adalah bahan-bahan campuran yang dipakai di jamu. Tapi, kali ini Tina minum jamu tidak pakai telur.

Saat proses pembuatan jamu, Tina pun mulai khawatir dengan rasa minuman tersebut. Dia pun bertanya ke penjual jamu, "Nanti rasanya seperti apa?" Kemudian si penjual menjawab, "Rasanya kayak mentol dan mint," terangnya.

 

Aroma yang strong pun tercium dan Tina menyadari itu. So, bagaimana reaksi dia minum jamu?

Saat tegukan pertama dan itu sepertinya sangat sedikit, Tina langsung memberikan ekspresi merem melek tanda tidak enak atau baru meminum minuman seperti jamu ini. "Orang Indonesia kuat banget, ya, kalau bisa minum ini," kata Tina.

Dia pun coba menjelaskan rasa dari jamu yang diminum. "Rasanya asli banget, kuat sekali. Orang Indonesia hebat bisa minum minuman ini," ujarnya lantas tertawa. "Rasanya kayak jelek, tapi baru di lidah saya. Rasanya pedas, aneh, enggak terlalu enak, tapi saya harus minum ini biar badannya cepet sembuh," sambungnya.

Kemudian Tina meneguk kembali jamu tersebut dan lagi-lagi terlihat ekspresi merem melek. Setelah itu dia meminum air jeruk dan saat dia meminumnya, menurut Tina rasanya terlalu manis. "Jamu rasanya pahit sekali dan air jeruknya manis sekali," jelasnya lantas tertawa kecil.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini