nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan dengan Multi-City, Benarkah Lebih Murah dari One-Way dan Round-Trip?

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 14:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 20 406 2057951 liburan-dengan-multi-city-benarkah-lebih-murah-dari-one-way-dan-round-trip-oQrd0QKXZ1.jpg Foto: Pexels.com

SEBAGAI konsumen, mendapatkan harga murah untuk barang yang diinginkan adalah sebuah kewajiban. Tak terkecuali untuk tiket pesawat. Baru-baru ini, Traveloka meluncurkan fitur penerbangan baru untuk pengalaman maksimal para penggunanya ketika melakukan perjalanan dengan pesawat yaitu Penerbangan Multi-City (Multi-kota). Lalu seperti apakah fitur baru Traveloka ini, apa fungsinya dan bagaimana jika dibandingkan dengan jenis tiket One-Way dan Round-Trip?

Untuk mengetahuinya, mari simak skenario berikut ini jika Andi ingin pergi berlibur dari Jakarta ke Amsterdam. Dalam itinerary-nya, Andi akan menghabiskan hari terakhir liburannya di Perancis, sebelum akhirnya pulang ke Jakarta. Nah, sekarang mari kita simak simulasinya berikut ini jika dia menggunakan tiket One-Way, Round-Trip dan Multi-City!

Penerbangan One-Way (Sekali Jalan)

Traveloka 

Jika Andi memilih tiket One-Way maka biaya yang harus dia keluarkan untuk terbang ke Amsterdam adalah Rp9.738.600 dengan durasi perjalanan hampir 18 jam dan 1 kali transit. Karena dirinya memilih tiket Sekali Jalan, maka Andi akan melakukan pemesanan tiket Pergi dan Pulang secara terpisah. Mari kita lihat berapa biaya yang harus dia keluarkan untuk tiket kepulangannya dari Perancis ke Jakarta berikut ini.

Traveloka 

Untuk tiket kepulangannya dari Perancis ke Jakarta, Andi harus merogoh kantong sebesar Rp10.482.700 dengan durasi perjalanan selama 23 jam, 1 kali transit. Jika dihitung secara keseluruhan, maka biaya untuk tiket pesawat pergi dan pulang Andi adalah sebesar Rp20.221.300. Jumlah yang lumayan untuk sekedar tiket pesawat, bukan?

Penerbangan Round-Trip (Pulang-Pergi)

Traveloka 

Untuk itinerary Andi yang akan mengunjungi banyak negara, tiket Round-Trip bukanlah pilihan yang bisa diandalkan. Jenis tiket ini hanya bisa berangkat dan pulang dengan tujuan/destinasi sama. Meski harga tiket keberangkatannya lebih murah dibanding tiket One-Way, yaitu Rp5.619.000, namun Andi diharuskan kembali ke Amsterdam untuk dapat kembali ke Jakarta. Andi tidak bisa pulang dari Perancis dengan jenis tiket ini.

Penerbangan Multi-City (Multi-Kota)

Traveloka

Dengan Multi-City, itinerary Andi tidak jadi berantakan. Dirinya tetap bisa pergi ke Amsterdam dan pulang ke Jakarta dari Perancis tanpa masalah. Bonusnya lagi, harga tiket yang harus dikeluarkan juga lebih murah. Dengan adanya fitur Smart Combo dari Traveloka, untuk Jakarta-Amsterdam, Andi harus membayar Rp5.762.907, kemudian untuk tiket pulang dari Perancis-Jakarta hanya Rp5.640.293. Jadi, total harga tiket yang harus dibayar Andi adalah Rp11.403.200 saja.

Jika dilihat dari simulasi dan perbandingan tiket di atas, perjalanan dengan Multi-City tampaknya lebih menguntungkan daripada tiket One-Way atau Round-Trip. Dengan Multi-City, Andi bisa pergi ke berbagai destinasi hanya dalam 1 kali booking. Hal ini jelas lebih menghemat proses pemesanan. Proses pembayarannya pun hanya dilakukan sekali sehingga lebih memudahkan pengguna.

Penerbangan Multi-City juga akan membantu para traveler untuk bisa mendapatkan waktu ekstra untuk berlibur dan eksplorasi banyak tempat, karena tidak tidak perlu kembali ke destinasi keberangkatan.

Jadi, untuk liburan nanti, mana yang akan Anda pilih, One-Way, Round-Trip atau Multi-City?

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini