nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Buah Kersen Obat Mujarab Asam Urat dan Kolesterol

krjogja.com, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 01:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 20 481 2057709 ternyata-buah-kersen-obat-mujarab-asam-urat-dan-kolesterol-zhJSOD82D3.jpg Buah Kersen Penakluk Asam Urat

TANAMAN talok atau kersen yang mudah dijumpai di mana-mana ternyata menyimpan segudang manfaat. Buah dan daunnya diyakini memiliki khasiat mengatasi masalah asam urat dan kolesterol.

Cara pemanfaatan daun tanaman talok atau kersen untuk kesehatan, misalnya dengan direbus. Bahkan daun kersen bisa diolah menjadi keripik dengan cita rasa khas. Jika dikonsumsi rutin, buah maupun olahan daun talok diyakini dapat mengatasi masalah kesehatan seperti asam urat serta kolesterol tinggi.

Demikian penjelasan kakak-beradik pembuat keripik asal Sleman, Sri Murtiningsih dan Agustina Suprapti. Ketika akan dibuat keripik, antara lain perlu dipilih bagian daun talok yang tak terlalu tua maupun terlalu muda.

“Daun yang akan diolah perlu dicuci bersih dahulu. Meski sudah diolah menjadi makanan, saya yakin masih tetap bisa diperoleh khasiat kesehatannya. Bisa juga dengan rutin mengkonsumsi hasil olahan daun talok ditambah rutin buah talok sudah masak dan masih segar,” ungkap Agustina.

Adapun untuk membuat keripik dibutuhkan juga adonan tepung terigu dicampur sedikit tepung kanji dan telur. Bumbu-bumbu untuk adonan, misalnya kemiri, ketumbar, bawang putih, kencur dan garam. Daun talok yang sudah dicampurkan pada adonan, bisa segera digoreng. Agar lebih kemripik bisa digoreng dua kali atau dua tahap.

“Selain daun talok, diyakini juga keripik berbahan daun pegagan dan purwaceng juga baik bagi kesehatan badan,” papar Murtiningsih menambahkan.

Daun pegagan yang diolah, lanjutnya, paling pas jenis pegagan darat. Pegagan ini biasa juga diproses menjadi herbal wujud kering atau teh kesehatan, dijadikan serbuk atau bubuk dan dimasukkan dalam cangkang kapsul.Untuk memperoleh bahan bakunya bisa mencari di alam maupun hasil budidaya. Manfaat kesehatannya seperti mendukung kesehatan otak, anti bakteri, anti infeksi, membantu menjaga tenaga serta melancarkan peredaran darah.

“Peredaran darah yang lancar berdampak bagus bagi kesehatan badan. Seperti halnya rutin mengkonsumsi olahan daun purwoceng, bagus juga untuk menjaga stamina,” jelas Murti, pembuat keripik daun talok atau kersen.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini