nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhatan Ibu yang Punya Anak Kembar Beda Warna Kulit

Harisah Chamil, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 07:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 20 481 2057761 curhatan-ibu-yang-punya-anak-kembar-beda-warna-kulit-BHtH06tAB9.jpg Bayi kembar beda warna kulit (Foto: Thesun)

Seorang ibu bernama Sarah Jones melahirkan sepasang anak kembar yang memiliki warna kulit yang berbeda. Bayi perempuan memiliki warna kulit putih dan mata biru cerah, sedangkan bayi laki-laki berkulit gelap dengan mata coklat.

Hal ini membuat Sarah terus-menerus ditanya apakah dia ibu dari anak kembar tersebut. Kasus ini memang jarang terjadi dalam kehamilan tetapi mungkin bisa saja terjadi pada si kembar ini yang memiliki tampilan yang sangat berbeda namun tetap terlihat lucu dan menggemaskan.

Namun, ini tidak biasa terjadi di keluarga Sarah. Sarah mengatakan bahwa keempat anaknya memiliki warna kulit berbeda-beda, tetapi mereka tetap bersahabat dan akur.

 Bayi kembar

Ia menambahkan ketika keluarga kecil mereka keluar rumah dan pergi ke tempat umum, Sarah selalu mendapatkan pertanyaan apakah anak-anak tersebut diadopsi, apakah mereka kembar, dan juga pertanyaan yang sangat menakjubkan yang membuatnya kaget, yaitu apakah anak-anak dari Sarah semuanya memiliki ayah yang sama?

 Baca Juga: Viral Kisah Cinta Bule yang Menikah dengan Satpam Sekolah, Bikin Baper!

Walaupun ada yang sering melontarkan pertanyaan seperti itu, tidak sedikit yang selalu memuji puta-putrinya. Mereka kagum dengan melihat anak-anaknya yang berbeda namun tetap bersatu.

"Mereka terus-menerus mendapat perhatian dari orang-orang, tetapi mereka selalu dipuji," tambahnya.

 Bayi kembar

Perjalanan kehamilan Sarah tidaklah mudah. Sebelum mengandung si kembar, Sarah pernah menderita dua kali keguguran dalam enam bulan. Sarah sendiri tahu bahwa leher rahimnya bermasalah dan selama trimester ketiga keadaan semakin memburuk, sehingga membuat bayi kembar ini lahir dengan prematur.

Jim Wilson, ahli genetika populasi di University of Edinburgh, mengatakan kepada BBC bahwa warna kulit ditentukan oleh sejumlah varian gen, setidaknya 20 varian.

"Beberapa di antaranya kita tahu, dan beberapa di antaranya kita belum tahu, dan pada masing-masing gen ini, yang mempengaruhi warna kulit kita, cenderung ada dua atau lebih varian," ujarnya.

Ia melanjutkan, hal tersebut menjadikan anak kembar bisa memiliki warna gelap dan putih dalam kelahiran yang sama.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini