7 Gangguan Kesehatan yang Suka Dianggap Remeh, Padahal Bisa Jadi Sakit Parah!

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 481 2057856 7-gangguan-kesehatan-yang-suka-dianggap-remeh-padahal-bisa-jadi-sakit-parah-iDvmAAAz0T.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEBANYAKAN orang memang kerap mengabaikan gangguan kesehatan kecil, dan menganggapnya hal itu biasa saja. Padahal, gejala-gejala gangguan kesehatan itu adalah tanda adanya masalah dalam tubuh Anda.

Beberapa dari kita menganggap untuk memeriksakan gangguan kesehatan kecil ke dokter terlalu merepotkan. Selain itu, banyak juga yang takut pergi ke dokter dan memilih mengabaikan penyakit-penyakit tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami cedera atau yang aneh, sangat penting untuk memeriksakan masalah kesehatan Anda, karena bisa menjadi sesuatu yang serius. Berikut adalah beberapa masalah yang Anda anggap biasa tapi sebenarnya mengharuskan Anda untuk berkonsultasi ke dokter dilansir dari Thesun.

Baca Juga: Viral Kisah Cinta Bule yang Menikah dengan Satpam Sekolah, Bikin Baper!

Kebanyakan orang berkeringat saat berolahraga atau cuaca sedang panas.

1. Berkeringat terlalu banyak

Kebanyakan orang berkeringat saat berolahraga atau cuaca sedang panas. Tetapi beberapa orang berkeringat jauh lebih banyak daripada yang dianggap "normal".

Ini adalah kondisi yang dikenal sebagai hiperhidrosism dengan ciri-ciri baju atau tangan yang tampak basah, sehingga berisiko mengganggu aktivitas. Jika Anda memilikinya, penting untuk berbicara kedokter mereka pasti mempunyai jalan keluar untuk Anda.

2. Bau mulut

Bau mulut, yang dikenal sebagai halitosis, tidak jarang terjadi dan kita kadang merasa sebagai hal biasa. Bau mulut biasanya disebabkan oleh makanan atau minuman, makanan berbau tajam, merokok atau diet ketat.

Tapi, jangan anggap remeh masalah tersebut kadang-kadang bau mulut bisa menjadi tanda penyakit gusi atau infeksi. Cara terbaik untuk memastikan Anda tidak melakukan pelanggaran setiap kali Anda berbicara adalah menjaga gigi, lidah dan mulut Anda tetap bersih.

Tetapi, jika Anda masih menderita setelah mencoba mengobatinya sendiri, atau Anda mengalami rasa sakit, pendarahan atau pembengkakan, pastikan Anda mengunjungi dokter gigi.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Sumbangkan Rp21 Miliar Bantu Masyarakat Palestina


Sejumlah kecil darah pada saat buang air kecil atau besar biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

3. Berdarah saat buang air besar atau kecil

Sejumlah kecil darah pada saat buang air kecil atau besar biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika itu terjadi terus-menerus atau ada perubahan lain dalam kebiasaan buang air kecil atau besar Anda, maka itu mungkin lebih serius.

Kadang-kadang, hal itu bisa menjadi tanda kanker usus. lebih mudah untuk diobati jika itu diketahui lebih awal sehingga penting untuk Anda untuk menemui dokter.

Darah dalam urin mungkin berwarna merah muda terang, merah atau coklat tua dan bisa berasal dari mana saja di saluran kemih, ginjal atau uretra. Penyebab lain gangguan kesehatan in ibisa berupa infeksi saluran kemih, batu ginjal, atau pembesaran prostat.

4. Ruam

Ruam merah yang gatal di mana saja dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Tetapi ruam yang muncul di daerah genital dapat memperburuk keadaan.

Ini bisa jadi karena infeksi jamur atau ragi, atau kondisi kulit seperti psoriasis tetapi mungkin juga disebabkan oleh kutu.

Penyebab lain yang mengkhawatirkan adalah infeksi menular seksual (IMS) dan mengabaikannya tidak hanya menularkannya ke pasangan seksual lain, jika tidak diobati dapat menyebabkan masalah serius, lebih baik temui dokter Anda.

penis yang sakit bisa menjadi beberapa kondisi yang berbeda - beberapa lebih serius daripada yang lain

5. Sakit pada penis

Rasa sakit atau ketidaknyamanan di organ intim ini jelas tidak dapat diabaikan, jangan malu untuk menanyakannya kepada dokter. Untuk pria, penis yang sakit bisa menjadi beberapa kondisi yang berbeda - beberapa lebih serius daripada yang lain.

Jika rasa sakit juga datang dengan keputihan kental itu mungkin balantitis, yang dapat diobati dengan krim antijamur.Ini juga bisa menjadi fraktur penis, biasanya disebabkan oleh terlalu kuat di kamar tidur.

Tetapi yang lebih mengkhawatirkan, itu bisa berupa kanker penis, penyakit langka yang jika tidak diobati dapat menyebar ke uretra, tabung di tengah penis yang membawa air seni dan air mani, atau prostat, kelenjar antara testis dan anus .

6. Banyak kentut

Angin sepoi-sepoi yang keluar dari bokong Anda sering kali dipandang lucu. Rata-rata orang melepaskan sekitar satu liter gas usus sehari biasanya dihembuskan sekitar 14 kali.

Tetapi ketika itu terjadi terus menerus, atau gas dan kembung yang datang dengan rasa sakit atau gejala lain seperti diare atau sembelit, ada baiknya temui dokter agar dapat ditangani.

Dr Patricia Raymond, dari American College of Gastroenterology menyebut, kentut berbau yang sering dan berbau menyengat bisa menjadi gejala kondisi kronis seperti IBS dan penyakit celiac (intoleransi gluten parah).

1 dari 4 orang akan mengalami masalah kesehatan mental di beberapa titik dalam hidup mereka

7. Merasa kesepian

Terkadang, itu bukan kondisi fisik yang membuat orang merasa malu untuk membicarakannya dengan dokter. Seringkali itu adalah hal emosional yang paling sulit untuk dibicarakan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 1 dari 4 orang akan mengalami masalah kesehatan mental di beberapa titik dalam hidup mereka saat mereka kesepian. Itu seperempat dari populasi dunia.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini