nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral, Bocah Ini Pecahkan Gelas Hanya dengan Suaranya

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 612 2057972 viral-bocah-ini-pecahkan-gelas-hanya-dengan-suaranya-w6vjEi5Fw4.jpg Viral bocah pecahkan gelas dengan suaranya (Foto: Instagram)

BIASANYA barang yang terbuat dari kaca, akan pecah saat terjatuh atau terbanting. Tetapi, apakah kalian pernah mengira, bahwa suara manusia dapat memecahkan gelas? Ya, mungkin bagi sebagian orang mustahil untuk memecahkan gelas hanya menggunakan suara, seperti video viral berikut ini.

Tetapi, ada pembuktian sebuah video anak laki-laki yang membuktikan kalau gelombang suara dapat memecahkan gelas. Video viral itu dibagikan oleh akun Instagram @seputarinfodunia. Terlihat anak laki-laki berambut kuning dan berasal dari California itu, menaruh sedotan di dalam sebuah gelas kaca.

Saat sudah siap, dia berteriak di atas gelas itu. Percobaan pertama gagal dan dia sempat batuk-batuk, karena teriak sangat kencang. Namun, tak sampai disitu, dia tetap berusaha untuk memecahkan gelas tersebut. Percobaan kedua pun dilakukan, tetapi masih gagal dan gelasnya tidak pecah.

Tetap dengan sikap pantang menyerah, dia mencoba untuk ketiga kalinya. Akhirnya dia mengeluarkan Sekuat tenaga suaranya, alhasil dia berhasil memecahkan gelas kaca tersebut. Betapa girangnya wajah anak tersebut saat berhasil melakukan eksperimen memecahkan gelas kaca. Sampai dia memanggil Ibunya. Tetapi, ada salah satu netizen yang pernah mencobanya dan gagal. “Gw coba gak pernah bisa,” Komen @m.alif.s.a.

View this post on Instagram

Suara dapat tercipta karena adanya getaran dalam bentuk gelombang frekuensi suara melalui medium-medium seperti udara atau air. Nah setiap benda di sekitar kita memiliki apa yang dikenal dengan nama "natural frequency" atau frekuensi natural yakni frekuensi alami dimana sebuah objek bergetar. Layaknya gelas kaca yang diketuk dengan garpu, mereka akan mengeluarkan sebuah suara natural bernada tinggi selagi mereka bergetar. Secara teori, suara manusia dapat memecahkan objek tersebut dengan menyamai frekuensi natural atau nada tinggi yang dikeluarkan objek tadi. Dengan begitu maka objek tersebut akan bergetar cukup kuat, retak, dan akhirnya pecah. • • Jangan Lupa Follow @seputarinfodunia untuk info unik dan menarik lainnya dari seluruh dunia💕💕. • • ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ • • ©️ Contact Us for Credit or Removal.

A post shared by Seputar Info Dunia (@seputarinfodunia) on

Dalam caption video tersebut dijelaskan, jika suara dapat tercipta karena adanya getaran dalam bentuk gelombang frekuensi suara melalui medium-medium seperti udara atau air. Setiap benda di sekitar kita memiliki apa yang dikenal dengan nama “natural frequency” atau frekuensi alami di mana sebuah objek bergetar.

Secara teori, suara manusia dapat memecahkan objek tersebut dengan menyamai frekuensi natural atau nada tinggi yang dikeluarkan objek tadi. Dengan begitu maka objek tersebut akan bergetar cukup kua, retak dan akhirnya pecah.

Sama seperti dilansir livescience, yang menjelaskan hukum fisika menyatakan bahwa seorang manusia jika frekuensi suaranya tepat dan amplifikasi juga tepat dapat menghancurkan kaca. Fenomena ini dikenal sebagai resonansi dan terjadi karena suara manusia memindahkan partikel udara di dekatnya, yang menabrak kaca seperti gelombang tak terlihat.

Video viral yang berdurasi satu menit itu, telah ditonton 38 ribu pengguna Instagram. Dan banyak pula netizen yang heran melihatnya, ada yang percaya dan ada yang tidak percaya, kalau suara dapat memecahkan gelas. Jadi, apa kalian tertarik untuk mencoba memecahkan gelas memakai suara?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini