Mengenal Pasukan K9 yang Bakal Amankan Demo 22 Mei, Galak Gak Sih?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 20 612 2058012 mengenal-pasukan-k9-yang-bakal-amankan-demo-22-mei-galak-gak-sih-2rnoKS1X0B.jpg Ilustrasi Anjing (Foto: Reuters)

PENGUMUMAN hasil pemilihan umum (pemilu) akan dilakukan pada 22 Mei mendatang oleh KPPU. Bersamaan dengan hasil pengumuman tersebut, akan dilakukan aksi demo oleh salah satu Paslon.

Oleh sebab itu pengamanan di daerah Jakarta pun akan diperketat, terutama Jakarta Pusat yang diprediksi akan paling berdampak dari demo ini. Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono, pun bersedia meminjamkan pasukan Anjing K-9 untuk mengamankan aksi demo ini.

Tentunya masih banyak orang yang masih kurang mengetahui dan memahami, apakah pasukan K-9 tersebut. Ya, sebagaimana diketahui istilah K-9 sudah menjadi bagian dalam kepolisian. Pasukan ini memang sengaja melibatkan anjing karena dinilai bisa bergerak lebih cepat dan memiliki indra penciuman serta pendengaran yang tajam.

Baca Juga: Kecanduan Seks, Lamar Odom Akui Pernah Berhubungan Seks dengan 2.000 Perempuan

banyak sekali peran yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, namun bisa dilakukan oleh hewan berkaki empat ini.

Tidak hanya di Indonesia, pasukan anjing ini juga telah digunakan di beberapa negara lainnya. Pasalnya dalam dunia militer, banyak sekali peran yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, namun bisa dilakukan oleh hewan berkaki empat ini.

Anjing yang bertugas sebagai K-9 pun bukan sembarangan. Ada beberapa anjing ras besar seperti German Shepherd, Belgian Malinois, Doberman, Rottweiler, Golden Retriever dan di beberapa negara ada pula yang mulai menggunakan Pitbull.

Tapi, pitbull memang tidak digunakan dalam keperluan K9 karena berbagai alasan. Pitbull memiliki target untuk melawan musuh berukuran besar. Awalnya mereka dibesarkan untuk melawan sapi jantan yang kemudian beralih fungsi menjadi anjing petarung dan berevolusi menjadi anjing pemburu babi hutan.

Karakter alami ini merupakan ciri khas pitbull dan anjing berjenis terrier lainnya. Seekor anjing dengan mangsa yang lebih besar akan bereaksi terhadap gerakan daripada menganalisis atau merencanakan strategi. Selain itu pitbull memiliki bulu yang tipis, dan ini sangat tidak cocok untuk wilayah bersuhu dingin.

Baca Juga: 10 Rahasia Pilot yang Tidak Akan Diungkap ke Penumpang


Anjing dengan bulu yang agak lebat jauh lebih baik karena bisa membantu sirkulasi udara d

Anjing dengan bulu yang agak lebat jauh lebih baik karena bisa membantu sirkulasi udara di sekitar tubuh mereka. Kepolisian memang kerap menggunakan anjing pitbull, namun mereka tidak dilatih untuk tugas pelacakan.

Tentunya polisi akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membelanjakan jenis anjing yang lebih cocok dalam spesifikasi pekerjaannya. Di satu sisi Belgian Malinois dan German Shepherds atau biasa dikenal (helder) inilah yang paling cocok untuk pekerjaan K9.

Beberapa polisi menggunakan pitbull karena harganya yang murah. Sebagian owner yang membesarkan mereka merasa tak sanggup dengan karakter pitbull yang tempramen, sehingga mereka dapat dengan mudah dihibahkan ke tempat penampungan.

Namun, saat ini ada jenis anjing trah baru yang berfungsi sebagai pelindung pribadi manusia dan juga dapat digunakan untuk pekerjaan polisi. Anjing ini memiliki garis keturunan pit yang dirancang khusus untuk perlindungan pribadi.

Trah ini disebut Canis Panther. Nama ini sengaja dipilih karena anjing ini dirancang sedemikian rupa agar menakutkan. Tidak ada anjing yang agresif terhadap manusia, tetapi kecenderungan genetic membuat mereka menjadi waspada terhadap orang asing.

Tentunya, anjing-anjing ini dilatih secara berat dari segi fisik maupun kecerdasannya agar dapat menuruti setiap perintah sang majikan.

Selain berfungsi untuk mendeteksi, pasukan anjing ini biasanya digunakan untuk mengamankan demonstran dan melindungi dari para penyusup. Tentunya hewan-hewan ini telah dilatih sedemikian rupa.

Mereka tidak berfungsi untuk menggigit, namun bertugas untuk menangkap setiap pelaku kejahatan setiap kali diperintahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini