nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Memilih Botol Penyimpan ASI

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 09:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 21 481 2058279 hati-hati-memilih-botol-penyimpan-asi-jEw6MF0dnN.jpeg Ilustrasi (Foto: Sukardi/Okezone)

Dalam 1000 hari pertama, air susu ibu (ASI) menjadi komponen penting dalam kehidupan bayi. Tercukupinya ASI di momen ini pun dapat meminimalisir bayi mengalami stunting, masalah yang kini menjadi pusat perhatian pemerintah.

ASI yang berkualitas tentu membuat tumbuh kembang bayi berkualitas juga. Namun, di momen 1000 hari kelahiran ini, tak bisa dipungkiri mungkin ada sebagian ibu yang menggunakan botol sebagai wadah penyimpanan ASI. Selain karena alasan terlalu banyaknya ASI yang diproduksi, beberapa perempuan melakukan ini karena alasan kesibukan.

Nah, jika Anda termasuk di antara ibu seperti itu, maka penentuan botol ASI menjadi penting. Sebab, dijelaskan Dokter Spesialis Anak dr. Margareta Komalasari, SpA, botol ASI jika tidak bersih, akan memengaruhi kualitas ASI. Selain tidak bersih, biasanya botol dirawat dengan tidak steril dan ini menjadi masalah ketika barang ini akan menjadi tempat penyimpanan ASI.

"Pada ibu yang memiliki kendala dalam memberikan ASI, botol dan dot menjadi alternatif pilihan untuk menunjang pemberian ASI ekslusif di 1000 hari pertama kelahiran bayi. Nah, kalau botol dan dot tidak steril dan tidak berkualitas baik, masalah yang bakal timbul adalah kontaminasi bakteri hingga penurunan kualitas ASI," paparnya pada Okezone belum lama ini.

Ibu dan anak

 Baca Juga: Alasan Puasa Bikin Berat Badan Makin Naik

Dalam menentukan wadah penyimpanan ASI, dr Margareta menjelaskan ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, misalnya bentuk dot yang dipilih mesti bertekstur lembut dan botol terbuat dari bahan berkualitas, yang halal bisa jadi acuan berikutnya.

Halal menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena media atau alat yang disertifikasi halal sudah pasti kualitasnya terjamin dan ini menjadi hal yang penting bagi umat Islam.

"Botol yang halal bisa dikatakan kualitasnya oke dan bersih dari zat-zat berbahaya yang dapat memengaruhi kualitas ASI," tutur dr Margareta yang juga anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Dia menambahkan, selain memerhatikan tekstur dot, ibu juga mesti memerhatikan bentuk dot yang sesuai dengan bentuk mulut si kecil, agar dapat merangsang pertumbuhan rahang dan giginya. Untuk itu, sambung dr Margareta, penting bagi orangtua untuk memeriksa label kemasan botol dan dot agar si kecil dapat menerima kebaikan ASI secara maksimal.

 Bayi minum susu

Dokter Margareta coba menyarankan, untuk pemilihan dot bayi, Anda bisa dot orthodontic yang bentuknya menyerupai puting payudara ibu saat menyusui, sehingga bayi akan nyaman menggunakannya. Hal ini juga dibenarkan Business Unit Director Baby Huki, Franciska Puspa Julia, dot yang mirip dengan puting ibu biasanya mengikuti bentuk mulut si kecil.

"Hal ini dapat menunjang dan merangsang pertumbuhan rahang dan gusi si kecil dan ini memengaruhi pertumbuhan gigi di kemudian hari. Selain itu, lubang dot yang menghadap ke atas mencegah aliran susu keluar jika bayi tidak mengisapnya dan ini meminimalisir bayi tersedak," ujarnya.

Sekarang Anda bisa mempertimbangkan bagaimana cara menyimpan ASI yang benar demi tumbuh kembang si kecil.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini