Jangan Pernah Pinjamkan 7 Barang Ini ke Teman Terbaik Sekalipun

Harisah Chamil, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 481 2058351 jangan-pernah-pinjamkan-7-barang-ini-ke-teman-terbaik-sekalipun-Y3GXhugDtP.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Sejak kecil kita pasti sudah diajarkan untuk berbagi ke sesama, entah ke adik, kakak, saudara bahkan ke teman. Berbagi makanan kesukaan, barang mainan, hingga peralatan milik pribadi kita sendiri.

Namun, ada barang tertentu yang sebaiknya tidak dibagikan atau dipinjamkan kepada orang lain, karena bisa saja itu mempunyai dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Sebagaimana dilansir dari Times Of India, Selasa (21/5/2019), berikut 7 daftar barang yang tidak boleh dipakai bersama:

1. Earphone

 Earphone

Memang terlihat romantis dan hangat saat mendengarkan musik berasama dalam 1 earphone. Tetapi, kita semua mempunyai jenis kuman di dalam tubuh yang dapat berkembang biak di dalam kotoran telinga kita. Jadi ketika kita memakainya dengan teman, saudara ataupun rekan kerja kita, ternyata itu sebenarnya dapat menyebabkan infeksi telinga yang berpotensi buruk.

2. Lipstik dan lip balm

 Perempuan memakai lipstik

Ketika teman mengenakan lip balm yang bagus atau mempunyai lipstik baru, seketika Anda berpikir untuk mencobanya. Namun, tahukah Anda bahwa berbagi lipstik dan lip balm kepada teman sebenarnya bisa menyebabkan infeksi seperti herpes?

Jika memang sulit untuk tidak berbagi ke teman, cobalah bersihkan bagian atas lipstik ataupun lip balm dengan penghapus antibakteri untuk menghilangkan kuman dan bakteri di dalamnya.

3. Sisir

 

Pastinya meminjamkan sisir sudah hal yang biasa dilakukan pada semua orang. Namun meminjamkannya kepada orang lain juga sebuah kesalahan. Bagi kalian yang belum tahu, berbagi sisir sebenarnya dapat menyebabkan tertular kutu dan bahkan infeksi kulit pada kepala kita.

4. Handuk

 

Seringkali kebiasaan ini kerap dilakukan oleh sebagian orang, padahal berbagi barang seperti handuk tidak boleh dilakukan walaupun dengan anggota keluarga sendiri. Alasannya cukup sederhana yaitu karena handuk digunakan untuk menyerap kelembapan yang ada dan juga keringat dari tubuh, dan hal ini dapat menyebabkan infeksi yang terjadi pada kulit.

5. Sabun batangan

 

Anda mungkin berpikir bahwa sabun batang itu dapat membersihkan keseluruhan. Namun nyatanya sabun ini sebenarnya kotor karena ketika sering dipakai, sabun batang akan ditutupi oleh berbagai bakteri. Ada cukup banyak kuman yang berkembang biak di sabun batang hingga dapat menularkan dari satu orang ke orang yang lain. Gunakan sabun cair jika Anda ingin menghindari dari kuman-kuman.

6. Kosmetik

 

Hal yang umum bagi setiap wanita memakai peralatan make-upnya bersama. Namun saat berbagi produk kosmetik seperti maskara, eyeliner, dan bahkan bedak muka sebenarnya harus dihindari dengan cara apapun sejak saat ini. Bahkan jika sekalipun Anda pergi ke salon untuk dirias, pastikan mereka menjaga kebersihan produknya.

7. Spons mandi

Jangan berbagi spons mandi Anda dengan siapa pun meskipun itu anggota keluarga Anda sendiri. Sangat memungkinkan bagi siapapun mendapatkan ruam dan alergi kulit ketika tidak dicuci atau bahkan dikeringkan dengan benar dan digunakan kembali. Pons mandi terlalu pribadi untuk dipinjamkan kepada orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini