nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stem Cell Terapi yang Dijalani Cinta Penelope untuk Sembuh dari Kanker

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 21 481 2058490 stem-cell-terapi-yang-dijalani-cinta-penelope-untuk-sembuh-dari-kanker-P8nDhZfjXa.jpg Cinta Penelope (Foto : iNews Religi/Youtube)

Mengidap kanker ganas, membuat Cinta Penelope harus bangkit. Walau dirinya tak pernah menyebutkan jenis kanker yang diidap secara langsung, tapi dirinya sempat memutuskan untuk terapi stem cell.

Stem cell memang dianggap salah satu jenis terapi paling efektif untuk menyembuhkan kanker. Namun tak semua jenis kanker bisa dibantu dengan terapi stem cell. Bagaimana dengan kanker yang diidap oleh Cinta Penelope.

Ahli Stem Cell Dr dr Cosphiadi Irawan SpPD(KHOM) menjelaskan, terapi stem cell umumnya bisa bantu sembuhkan penyakit degeneratif. Beberapa penyakit kanker pun bisa, bahkan sudah banyak pasien membuktikan keefektivitasannya.

"Terapi stem cell biasanya untuk penyakit leukimia, kelenjar getah bening, hingga melanoma. Terapi ini fungsinya dapat mengganti sel tubuh yang rusak dengan cara pembelahan," tutur dr Cosphiadi, kepada Okezone, Selasa (21/5/2019).

Terapi Stem Cell

Stem cell bahkan jadi bagian standar pengobatan, selain transplantasi. Kualitas hidup pasien biasanya membaik setelah melakukan terapi.

Di sela terapi, ada beberapa step lainnya yang harus dijalani pasien. Mulanya ekstrak stem cell diambil dari bagian tulang belakang pasien. Memang kondisi pasien bisa menurun, tapi di situlah proses dimulai.

"Tapi untuk saat ini biaya stem cell yang dibutuhkan amat besar. Dari segi penyimpanan sel punca saja, seseorang bisa mengeluarkan uang ratusan juta," tambah dr Cosphiadi.

Untuk meminimalisir biaya mahal, banyak ahli mengembangkan sel punca yang didonorkan untuk mengobati penyakit seperti yang dialami Cinta Penelope. Cara ini pun efektif dan tak perlu merepotkan pasien.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini