nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sakit Kepala Mengganggu Puasa? Ini 4 Tips Meredakannya

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 20:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 21 481 2058600 sakit-kepala-mengganggu-puasa-ini-4-tips-meredakannya-65lLLYJWL3.jpg Foto: Ist

MERASAKAN sakit kepala tiba-tiba saat puasa tentu mengganggu, terlebih sakit kepala bertahan dalam waktu yang lama. Padahal, saat berpuasa Anda ingin meluangkan banyak waktu untuk ibadah, seperti salat dan mengaji. Namun bila sakit kepala menyerang, tentu konsentrasi saat melakukan keduanya bakal terganggu.

Berikut ini ada beberapa tips meredakan sakit kepala saat puasa tanpa harus membatalkan puasa. Mari kita simak!

1. Kompres kepala dengan air dingin

sakit kepala 

Mengompres kepala dengan air dingin ternyata ampuh meredakan sakit kepala. Pertama-tama, rendam handuk ke dalam air dingin. Lalu peras dan tempelkan handuk basah di bagian kepala yang sakit. Cara lainnya, Anda bisa menaruh es batu dalam handuk kering dan menempelkannya ke kepala. Menurut seorang dokter saraf dari Michigan Headache Clinic dr. Edmund Messina, kompres dingin bisa membantu meredakan peradangan saraf atau pembuluh darah dalam otak.

2. Rendam kaki di air hangat

air hangat 

Air hangat terbukti dapat membantu relaksasi otot-otot. Rendam kaki sambil duduk di kursi, sementara di bagian leher taruh bantal penyangga dan rebahan selama 5-10 menit. Jangan lupa pejamkan mata agar lebih rileks. Usai direndam, sesekali lakukan pijatan di telapak kaki dan sekitar kening untuk meringankan pusing saat puasa.

3. Pijat ringan

sakit kepala 

Memijat kepala yang sakit dengan pijatan ringan bisa juga menjadi pilihan. Lakukan pijatan dari arah belakang telinga ke kening. Pijat juga di dua titik di atas mata ke arah alis untuk meredakan ketegangan di kepala. Dengan pijatan, Anda meminimalisir mengonsumsi obat untuk redakan pusing saat puasa.

Bila Anda kesulitan memijat sendiri, Anda bisa memesan totok wajah dari GO-MASSAGE lho! Dengan terapis yg berpengalaman dan terlatih, terjamin sakit kepala anda hllang.

 

4. Hindari cahaya silau

sakit kepala 

Cahaya yang terlalu silau ternyata bisa menyebabkan sakit kepala ketika sedang berpuasa. Misalnya, ketika terlalu lama menatap layar komputer ataupun handphone bisa menyebabkan sakit kepala. Batasi melihat cahaya silau bisa jadi solusi meredakan sakit kepala. Namun jika menatap layar karena tuntutan pekerjaan, Anda bisa sesekali berjalan-jalan mencari udara segar agar mata istirahat. Bisa juga menutup tirai jendela untuk meredam cahaya silau matahari dari luar.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini