nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Mahasiswa China Temukan Fosil Dinosaurus

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 17:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 21 612 2058462 4-mahasiswa-china-temukan-fosil-dinosaurus-9m0On2RlvF.jpg Fosil Dinosaurus (Foto: Thesun)

PERASAAN bangga bahkan tak percaya sepertinya dialami oleh 4 orang mahasiswa China. Mereka secara tidak sengaja menemukan telur dinosaurus saat sedang berjalan-jalan di daerah pedesaan bervegetasi, tepatnya di Kota Pingxiang, Provinsi Jiangxi.

Mata tajam dari 4 mahasiswa asal China itu menemukan bebatuan dengan bentuk aneh. Lantaran penasaran, keempatnya menuju lokasi tempat bebatuan. Sesampainya di sana, mereka merasa terkejut karena ternyata benda yang mereka kira batu mirip dengan fosil. Para mahasiswa itu langsung mengira dan bertanya-tanya jika sebenarnya benda berbentuk batu itu adalah dinosaurus.

Tak ingin lama-lama larut dalam rasa penasaran, keempat mahasiswa itu kemudian membawa barang temuannya ke museum terdekat untuk penyelidikan lebih lanjut. Dalam rekaman video yang beredar di Newsflare, tampak cangkang telur yang dilumuri lumpur tebal berwarna merah bata. Setelah diperiksa oleh para ahli, benda temuan yang semula dianggap sebagai batu dikonfirmasi sebagai fosil telur dinosaurus.

Para ahli mengklaim jika fosil tersebut berasal dari Zaman Kapur akhir. Maka usia dari fosil tersebut kira-kira mencapai 66 juta-145,5 juta tahun. Di sisi lain, ini bukanlah kali pertama fosil ditemukan di China. Seminggu sebelumnya ditemukan jenazah yang membatu di tanah. Fosil tersebut kemudian diberikan ke Museum Pingxiang untuk penyimpanan yang aman dan penelitian lebih lanjut.

 

Selain itu, tujuh bulan lalu kru konstruksi menemukan sebuah sarang fosil yang berisi lebih dari selusin telur.Telur-telur raksasa itu ditemukan di sebuah situs di Yiwu, provinsi timur Zhejiang. Daerah tersebut memang terkenal dengan fosil sisa-sisa zaman dinosaurus. Demikian seperti yang Okezone rangkum dari The Sun, Selasa (21/5/2019).

Mengutip pejabat setempat, dikatakan bahwa sejak telur dinosaurus pertama kali ditemukan di Yiwu pada tahun 1993, para ilmuwan telah menggali lebih dari 100 di kawasan China tersebut - bersama dengan jejak kaki reptil.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini