nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posisi Membungkuk Tidak Sepenuhnya Buruk untuk Postur Tubuh

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 08:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 23 481 2059333 posisi-membungkuk-tidak-sepenuhnya-buruk-untuk-postur-tubuh-khEyaUrGwU.png Ilustrasi (Foto: Newgel+)

Banyak orang yang ingin memiliki postur tubuh sempurna. Maka tak heran bila mereka sangat memerhatikan posisinya saat berdiri, duduk, maupun tidur. Sebisa mungkin mereka menghindari posisi yang dianggap salah dan dianggap mengganggu postur tubuh. Salah satunya adalah membungkuk saat sedang duduk.

Posisi membungkuk di depan komputer atau saat menonton televisi dianggap dapat merusak postur tubuh. Selain itu, posisi tersebut dapat mengembangkan sakit punggung atau leher kaku. Namun penelitian terbaru mengungkapkan jika posisi tersebut sebenarnya tidak begitu mengkhawatirkan. Semuanya tergantung dengan tekanan di tulang belakang .

Malah dalam hasil penelitian dikatakan postur duduk membungkuk dapat membantu meningkatkan jumlah cairan di antara cakram tulang belakang serta membantu mengurangi kekakuan pada persendian. Penelitian yang dilakukan oleh fisioterapis di Rumah Sakit Universitas North Tees di Durham ini menyimpulkan beberapa kebiasaan membungkuk dapat memberikan alternatif yang baik untuk posisi duduk tegak.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian di Australia. Dalam penelitian tersebut dikatakan menyempatkan waktu untuk duduk dengan posisi bungkuk saat tengah duduk tegak dapat membantu menjaga otot-otot di inti dan kaki. Seorang ahli osteopati dari London, Gavin Smith memberikan pendapatnya mengenai hal ini.

 Pria di depan komputer

"Posisi duduk tegak dapat mengaktifkan otot-otot di perut, panggul, dan punggung. Dengan posisi duduk membungkuk, otot-otot tersebut menjadi rileks. Beberapa relaksasi secara berkala memang dibutuhkan dan itu sangat membantu,” ujar Gavin seperti yang Okezone kutip dari The Sun, Kamis (23/5/2019).

Di sisi lain, dirinya juga mengatakan jika posisi duduk tegak dimana kaki rata di lantai dan punggung lurus dapat menyebabkan ketegangan di bagian tengah tulang belakang. Bahkan dalam kondisi yang lebih buruk posisi itu dapat menyebabkan masalah pernapasan.

"Duduk atau berdiri dalam posisi apa pun untuk waktu yang lama bukan sesuatu yang baik. Posisi membungkuk sebenarnya baik dan tidak lebih buruk dari posisi duduk tegak. Asalkan tidak melakukannya sepanjang waktu," terang Gavin.

Oleh karenanya, ia menyarankan agar setiap orang berganti posisi setiap jam guna menghindari ketegangan yang dapat merusak postur tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini