nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Home Care Insan Medika, Solusi untuk Perawatan Maksimal di Rumah

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 10:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 481 2059365 mengenal-home-care-insan-medika-solusi-untuk-perawatan-maksimal-di-rumah-PU8E5SBgdg.jpg Foto: Insan Medika

JAKARTA - Pekerjaan sebagai caregiver yang disalurkan perusahaan home care mungkin belum begitu familiar di tengah masyarakat Indonesia. Tapi sebenarnya tenaga kerja ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk merawat anggota keluarga yang sedang sakit untuk pemulihan atau para orang tua lanjut usia (lansia). Beberapa orang mungkin ada yang menganggap pekerjaan ini mirip dengan perawat, namun sebenarnya sedikit berbeda.

Seorang caregiver yang disalurkan perusahaan home care akan mengurus segala kebutuhan pasien. Mulai dari memandikan, memberi asupan makan, memberi obat, menemani, hingga memberikan perhatian lebih. Bisa dikatakan tenaga kerja ini dibutuhkan oleh mereka yang merasa kesepian saat kondisinya lemah, namun di sisi lain anggota keluarganya tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus dan menemani.

Saat ini sudah banyak pihak yang menyalurkan jasa caregiver. Salah satunya adalah Insan Medika. Berdiri sejak 2013, perusahaan agency perawat home care ini telah menyalurkan ribuan caregiver. Bahkan ada pula perawat dan tenaga pendamping lain yang turut disalurkan.

"Kami menyalurkan 70% caregiver untuk lansia, 10% perawat tenaga medis, dan sisanya (20%) tenaga untuk pendampingan," ucap Founder Insan Medika, Try Wibowo saat ditemui Okezone belum lama ini.

 

Biaya yang dikenakan untuk mempekerjakan caregiver maupun perawat dari penyalur ini bervariatif. Mulai dari Rp4 juta per bulan untuk perawat atau caregiver lansia, hingga Rp15 juta per bulan untuk perawat medis. Tenaga kerja yang disalurkan pun memiliki kontrak 6 bulan dan bisa diperpanjang.

Selain itu, ada keuntungan-keuntungan lain yang bisa diterima oleh pengguna jasa layanan Insan Medika. Pertama ada unlimited warranty yang mana pengguna bisa dengan mudah melakukan penggantian caregiver maupun perawat bila dirasa tidak cocok. "Dengan catatan harus memberi konfirmasi paling lambat 2 minggu agar kami bisa mencari penggantinya," ujar Try.

Kemudian, adanya layanan pelanggan yang siap sedia untuk menerima laporan atau keluhan dari pengguna layanan jasa. Pihak Insan Medika juga akan melakukan mentoring supervisi setiap dua bulan sekali untuk melihat perkembangan, baik dari segi pengguna maupun pekerja. Hal ini dilakukan untuk memastikan hak dan kewajiban yang dijalankan seimbang.

Insan Medika memberikan pelatihan kepada caregiver sebelum disalurkan ke pasien.

Tenaga Kerja Profesional

Selain kelebihan-kelebihan yang dijelaskan di atas, masih ada nilai tambah yang dimiliki oleh Insan Medika. Tenaga kerja dari perusahaan agency home care tersebut dapat dipastikan memiliki keahlian yang mendukung karena memiliki latar belakang di bidang kesehatan.

"Tenaga kerja kami hampir semuanya lulusan SMK jurusan kesehatan jadi sudah ada basicnya. Ada pula lulusan S1 Keperawatan Ners yang memiliki STR dan pengalaman minimal satu tahun yang dibutuhkan untuk tenaga perawat medis," jelas Try.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) yang memberikan pelatihan bagi para tenaga kerja untuk menghadapi pasien dengan Alzheimer. Pasien ini memang tergolong cukup berat dan tingkat agresivitas yang cukup tinggi seolah dibutuhkan keterampilan khusus untuk merawatnya.

Tak hanya sampai di situ, sebelum para perawat dan caregiver bekerja di rumah pengguna layanan jasa, mereka sudah lebih dulu menjalani pelatihan selama dua minggu. Selanjutnya mereka akan live-in di panti sosial maupun panti werdha selama 4 hari. Setelah itu baru siap untuk bekerja.

Saat berhadapan dengan pasien, tenaga kerja juga siap 24 jam bila dibutuhkan. Meski demikian merek tetap memiliki hak untuk beristirahat. "Waktu 24 jam itu bukan berarti mereka kerja terus menerus, melainkan hanya stand by dan siap kapanpun pasien membutuhkan. Kami mengajarkan mereka tentang fleksibilitas sehingga tidak bisa membuat aturan jam kerjanya mulai pukul sekian sampai pukul sekian," tutur Try.

Pengguna jasa juga diberikan pemahaman bahwa bagaimanapun tenaga kerja membutuhkan waktu istirahat. "Ini kan mereka mengurus keluarga atau orangtuanya, kalau terlalu banyak beban kerja otomatis pekerjaannya jadi enggak maksimal. Makanya harus saling memahami dan mengerti," imbuh pria kelahiran 1989 itu.

Pengembangan Insan Medika

Guna meningkatkan layanan jasa kepada para pengguna, ke depannya Insan Medika akan membuka sekolInsan Medika memberikan pelatihan kepada caregiver sebelum disalurkan ke pasien.ah khusus untuk caregiver. Melalui sekolah tersebut, masyarakat umum yang tertarik menjadi caregiver akan dilatih atau diberikan kursus untuk memiliki keterampilan khusus. Lama kursus diperkirakan 6 bulan.

"Dulu sudah pernah ada tapi sekarang enggak lagi. Rencananya habis Lebaran baru mau buka di Yogyakarta. Selama ini 'kan kami mengambil tenaga kerja yang sudah punya basic kesehatan, nantinya dengan ada sekolah orang umum bisa ikut menjadi tenaga kerja karena dilatih dari nol," jelas Try.

Selain itu, dirinya juga menyadari jika di zaman sekarang ini teknologi sangat penting. Meskipun yang dibutuhkan adalah SDM berkualitas dengan keahlian mumpuni, teknologi bisa dimanfaatkan untuk bidang marketing. "Mungkin ke depannya kami akan membuat game khusus lansia atau software bagi perawat," tandas Try.

Bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih lanjut atau berniat mendatangkan perawat home care bisa langsung membuka situs www.insanmedika.co.id atau mendownload aplikasi Insan Medika di Play Store bagi pengguna Android.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini