nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Netizen Basahi Softlens dengan Ludah, Dokter Mata: Bisa Cacat Permanen!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 481 2059470 viral-netizen-basahi-softlens-dengan-ludah-dokter-mata-bisa-cacat-permanen-P7O8YmhO4D.jpg Pakai Soflens (Foto: Ist)

SEBAGIAN orang yang memiliki masalah penglihatan akan mengandalkan softlens sebagai pengganti kacamata. Softlens dianggap lebih simple dan tak menggangu kenyamanan.

Perkembangan softlens pun semakin pesat. Anda sekarang ini bisa menemukan softlens dengan warna yang beragam dan beberapa pihak bahkan menggunakan softlens sebatas estetika, misalnya yang dilakukan penata rias pengantin. Softlens dianggap bisa memperindah hasil akhir riasan wajah.

Perawatan dari softlens itu sendiri menjadi hal penting yang mesti diperhatikan. Setiap hari bahkan per 6 jam sekali Anda mesti membasahi softlens karena jika pemakaian softlens dalam kondisi kering, itu akan mengiritasi mata.

Tapi, apa jadinya kalau lubrikasi softlens yang biasa dilakukan dengan cairan khusus, diganti menjadi air liur? Bahayakah?

Belum lama ini sebuah video viral dari akun @sayur0yong tengah beredar di Twitter. Di sana terlihat seorang remaja perempuan sedang menatap kamera pada awalnya. Lalu, salah seorang dari mereka menjulurkan lidah dan terlihat di sana ada sebuah softlens! Ya, softlens-nya "diemut" untuk fungsi lubrikasi.

Setelah dirasa cukup basah, softlens lantas dipakai ke mata kirinya dan dia bergegas bangkit dari layar kamera dan meninggalkan temannya seorang diri. Video viral ini telah ditonton sebanyak 146 ribu kali dan respon netizen banyak yang mengecam aksi serupa.

"Kadang kalau lihat orang kayak gini pengen gue gaplok rasanya. Ngeliat orang yang jarang ngebersihin softlens-nya aja bisa gue marah-marahin. Gak tau, kalau menyangkut softlens gue sensitif banget wkwkwk," kata @chamomileglow.

Begitu juga dengan komentar @bacotsuu, "Belum aja matanya punya hidung. Si mata bakal bilang Jigong lo bau anjing!!" Akun @orangkoksumpah pun kesal melihat kelakuan netizen ini. "Jijik betol! Dasar missqueen," tulisnya.

Mengetahui adanya kasus lubrikasi dengan ludah, Dokter Spesialis Mata dr Ferdiriva Hamzah, SpM, membagikan respon terkait dengan isu ini. Dalam postingan Twitternya pada Rabu (22/5/2019), dr Ferdi membagikan potret mata yang bagian tengahnya mengalami pengaburan atau seperti ada kabut di bagian retina tengah mata.

Menurut paparannya, kondisi mata seperti itu yang bakal dialami seseorang yang berani membasahi softlens dengan ludah.

Dalam penjelasannya, dr Ferdi melanjutkan, potret mata seperti itu mengartikan kornea mata bisa cacat permanen dan pengobatan menjadi sulit, termasuk di dalamnya transplantasi kornea yang belum tentu hasil akhirnya berhasil.

So, masih berani bertindak bodoh?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini