nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat agar Ibu Hamil Bisa Mudik Nyaman dan Enggak Bikin Was-Was

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 23 481 2059545 kiat-agar-ibu-hamil-bisa-mudik-nyaman-dan-enggak-bikin-was-was-b3EC0n2fFO.jpg Ibu hamil bisa mudik nyaman (Foto : Boldsky)

Ketika hamil rasanya tubuh menjadi sensitif dan tidak nyaman beraktivitas. Apalagi kalau melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, pasti Anda sangat was-was dengan kondisi tubuh karena hamil.

Pada dasarnya tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh atau mudik. Selama kondisinya sehat dan dokter kandungan merekomendasikan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS, kalau kondisinya sehat, ibu hamil boleh mudik dengan naik kendaraan darat. Mengingat akan menempuh perjalanan belasan sampai puluhan jam, pasti kondisi fisik akan terasa letih.

"Ibu hamil boleh mudik, tapi kalau mendadak ada flek, ya jangan nekat," ucap dr Bambang ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Terlebih kalau akan melakukan perjalanan mudik, Anda mengalami lontraksi terus-menerus. Biasanya itu rentan terjadi karena stres fisik, jangan dipaksa untuk ikut perjalanan mudik.

Khususnya bagi perempuan yang melalui fase kehamilan trimester pertama, dengan kondisi lemah fisik atau sering mual hebat. Pasti kalau dipaksakan melakukan perjalanan, dampaknya sangat tidak nyaman.

Ibu Hamil Mudik

Makanya dr Bambang mengingatkan, sebelum pergi pulang kampung, ada baiknya ibu hamil konsultasi ke dokter kandungan. Cara ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya masalah serius selama di perjalanan.

Sementara bagi yang ikut mudik, Anda mestinya dapat mengukur kemampuan diri sendiri dan kondisi fisik. Misalnya, di perjalanan juga membawa bekal yang cukup, serta konsumsi makanan bergizi.

Pastikan juga tidak dehidrasi selama di perjalanan karena bisa membahayakan. Ketika lelah, Anda harus berhenti di rest area yang nyaman. Regangkan tubuh, terutama bagian kaki yang harus diluruskan.

"Tidak ada larangan bagi ibu hamil yang ingin mudik, asalkan kondisi kesehatan dijaga dan tidak memaksakan diri," pungkas dr Bambang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini