nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Puasa untuk Penderita Maag, Nomor 1 Wajib Sahur

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 23 481 2059557 5-tips-puasa-untuk-penderita-maag-nomor-1-wajib-sahur-kKqlzDIpjw.jpg Foto: Pexels

BULAN Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Itu makanya umat muslim bersemangat menunaikan puasa. Namun perlu diingat bahwa penderita maag butuh trik khusus agar nyaman menjalankan puasa tersebut. Untuk itu, simak sejumlah tips puasa berikut:

1. Wajib Makan Sahur

Ilustasi sahur 

Seringkali orang-orang melewatkan makan sahur karena masih mengantuk. Padahal waktu sahur merupakan jam yang tepat untuk makan bagi penderita maag sebelum puasa. Perlu diketahui, sahur diperlukan untuk mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat puasa.

2. Hindari Makanan Pedas

 Sahur tak dianjurkan dengan makanan pedas.

Tips puasa untuk penderita maag yang nggak kalah pentingnya adalah menghindari makanan pedas saat sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga mengandung banyak lada dapat membuat perut iritasi dan menurunkan fungsi dinding lambung yang berbahaya untuk penderita maag.

3. Hindari Makanan Mengandung Gas

 Sahur tak dianjurkan dengan makanan mengandung gas.

Tips puasa untuk penderita maag selanjutnya adalah menghindari makanan bergas, seperti sawi, kol, nangka, dan pisang ambon. Kandungan gas yang tinggi pada makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung dan memicu penyakit maag kambuh saat menjalani ibadah puasa.

4. Konsumsi Makanan yang Lambat Dicerna

Daging merupakan makanan yang susah dicerna. 

Makanan yang tinggi akan serat seperti almond, pisang, oatmeal, kentang, dan gandum utuh adalah makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur. Sebab, makanan tersebut lambat dicerna oleh tubuh dan dapat menghindari kambuhnya maag saat berpuasa.

5. Hindari Tidur Setelah Sahur

 Tidur tidak dianjurkan usai makan sahur.

Tidur setelah sahur emang menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal kebiasaan ini adalah kebiasaan buruk untuk para penderita maag. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan membuat mual. Untuk kamu penderita maag disarankan untuk nggak tidur setelah sahur, jadi kamu bisa memilih waktu sahur di akhir waktu agar bisa melanjutkan dengan aktivitas sehari-hari.

Tips puasa untuk penderita maag lainnya adalah hindari makanan berlemak & digoreng, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk menghindari stres. Salah satu cara untuk menghindari stres adalah pijet saat malam hari setelah berbuka puasa untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini, serahkan kepada GO-MASSAGE. Mau pijet setelah solat tarawih? Bisa juga! Apalagi, kamu bisa memilih gender terapis yang sesuai dengan preferensi kamu. Yuk pesan GO-MASSAGE dengan klik link ini!"

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini