nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Pernah Katakan 10 Hal Ini di Tempat Kerja

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 09:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 23 612 2059343 jangan-pernah-katakan-10-hal-ini-di-tempat-kerja-RjCRizOctw.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Ketika kita bekerja, kita akan menemui banyak orang, yang pasti dengan latar belakang budaya yang berbeda. Tidak hanya budaya, pola pikir Anda dan orang-orang di tempat kerja pun berbeda.

Untuk itu, Anda perlu menahan diri untuk tidak mengatakan hal sembarangan selama berada di tempat kerja. Jika tidak, Anda bisa menyinggung perasaan orang lain. Dilansir dari RD, berikut 11 hal yang sebaiknya tidak pernah dikatakan di tempat kerja:

 

1. Tidak mengatakan hal yang menyinggung

"Saya selalu menyarankan klien saya untuk berbicara seolah-olah semua orang mendengarkan," ujar Ben Dattner, PhD, Psikologi organisasi dan pelatih eksekutif di Dattner consulting, New York City. Secara umum Anda harus menghindari perkataan tentang agama, politik, atau penampilan fisik orang, serta apapun yang dapat ditafsirkan sebagai hal yang tidak menghargai seseorang, mengkategorikan mereka, atau membuat stereotip (menggeneralisir budaya seseorang) terhadap mereka.

Pria di kantor

2. “Ini membosankan”

Meskipun Anda harus menghadiri banyak pertemuan, yang mungkin Anda pikir hal tersebut hanyalah buang-buang waktu saja atau hal yang tidak penting, tetapi jangan pernah berkata bahwa semua itu membosankan, terlebih dalam rapat. Menurut Melanie Greenberg, PhD, psikolog klinis berlisensi di Mill Valley, California, dan penulis Stress-Proof Brain, itu bisa membuat atasan Anda berpikir bahwa Anda tidap pernah menjadi pemain tim karena Anda merasa mereka (rekan kerja) membosankan.

3. Mengatakan rekan kerja cantik

Sebaiknya Anda tidak perlu mengomentari penampilan rekan kerja. Mulai dari menanyakan berapa berat badannya atau mengomentari potongan rambut. Menurut Dr. Greenberg hal tersebut tidak perlu dikatakan. Selain itu, kata-kata yang Anda tidak pernah katakan kepada pria juga tidak perlu dikatakan kepada wanita.

 

4. Terlalu banyak menjelaskan tentang akhir pekan

Ketika bos bertanya kepada Anda “Apa yang Anda lakukan di akhir pekan ini?” justru tidak sopan jika Anda tidak menjawab. Juga tidak penting jika Anda mejelaskan akhir pekan terlalu detail. Menurut Dr. Dattner kita harus ingat untuk berterima kasih padanya karena telah bertanya, akan tetapi jangan lupa untuk menanyakan akhir pekannya juga.

5. “Itu bukan salahku”

Ketika Anda didatangi oleh atasan untuk membicarakan hal yang salah, tidak baik untuk Anda mengatakan “Itu bukan salah saya”. Menurut Dr. Greenberg, Anda hanya akan terlihat seperti seorang pengeluh dan terdengar ke kanak-kanakan ketika menyalahkan orang lain atas masalah kinerja atau masalah apapun di tempat kerja.

6. “Itu ide bodoh” kepada klien

Jika Anda berpikir bahwa klien mempunyai pendapat yang salah, maka Anda dapat memberi saran kepada mereka. Tetapi juga jangan keberatan dengan pendapat mereka. “Anda tentu tidak boleh mengatakan apapun untuk membuat mereka seolah-olah Anda tidak menghargai mereka,” ujar Dr. Dattner.

7. Tidak meniru hal yang negatif di televisi

Mungkin kita sering menonton televisi untuk menonton seorang koki yang diteriaki oleh pemilik restoran. Tetapi reaksi yang berlebihan yang dramatis itu tidak memiliki tempat pada kehidupan nyata.

 

8. Membuat panggilan sayang pada rekan kerja

“Cara Anda berbicara dan berkomunikasi dapat berubah di lingkungan tempat kerja yang berbeda, jadi pastikan Anda berhati hati menggunakan frasa sehari-hari. Cari tahu lebih banyak frasa dan kata untuk tidak pernah digunakan jika Anda ingin terdengar pintar.

 

9. Memperlakukan staf ruang seperti asisten pribadi

Jangan pernah meminta staf ruang untuk menjalankan tugas pribadi Anda. Jika Anda sedang menunggu dokumen penting atau jika ada sesuatu yang salah tempat dari departemen pengiriman perusahaan Anda, jangan menyuruh mereka untuk mengerjakannya. Perlakukan semua orang di kantor dengan hormat dan jangan meminta siapapun untuk melakukan sesuatu yang bukan tugas mereka.

10. Melaporkan staf lain

Mungkin Anda tergoda untuk melaporkan tentang orang lain di kantor, tetapi jangan. Itu hanya akan menghancurkan hubungan Anda dan rekan kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini