nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nangka, Buah Manis yang Ampuh Bunuh Sel Kanker

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 24 481 2059997 nangka-buah-manis-yang-bisa-ampiuh-bunuh-sel-kanker-KcadSIZzbm.jpg Nangka buah manis yang bisa bunuh sel kanker (Foto : Ayuruniverse)

Nangka merupakan buah yang berasal dari tanah tropis. Buah yang mempunyai nama lain Artocarpus heterophyllus itu mempunyai rasa yang khas dan dapat digunakan sebagai bahan campuran berbagai makanan. Selain itu nangka juga buah yang kaya akan manfaat, salah satunya sebagai alat pembunuh kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia setelah serangan jantung dan stroke. Namun, kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi nangka. Dilansir dari edzardernst.com dalam nangka terdapat zat-zat pencegah kanker seperti lignan, saponin, dan isoflavone, yang memiliki sifat antikanker, antihipertensei, anti ulkus, antioksidan, juga sifat anti penuaan.

Lignan adalah fitoestrogen selektif jaringan yang memiliki efek anti estronenik pada jaringan reproduksi yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, selain itu lignan juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang.

Nangka buah kanker

Saponin adalah jenis senyawa kimia yang banyak terdapat pada berbagai spesies tumbuhan, termasuk nangka. Selain itu saponin juga dapat membunuh sel kanker dengan langsung mengikat sel serta meningkatkan aktivitas sel darah putih dan mencegah diferensasi dan proliferasi.

Untuk mencegah kangker payudaya, ada zat di dalam nangka yang sangat berguna untuk pencegahan tersebut. Isoflavon telah terbukti ampuh mengurangi risiko kanker payudara. Dalam penelitian yang dituliskan The American Journal of Clinical Nutrition, pada 2012 tim peneliti Amerika Serikat dan China melakukan penelitian mengenai manfaat isoflavon pada penderita kanker payudara.

Pada penelitian tersebut isoflavon yang digunakan adalah yang terkandung dalam kedelai. Hasilnya mereka menemukan bahwa isoflavon dapat menurunkan risiko kanker payudara, Juga menurunkan tingkat kematian akibat dari kanker payudara, walaupun tidak signifikan.

Zat lain yang terkandung dalam buah ini adalah flavonoid, dan polifenol yang mampu untuk menurunkan tekanan darah, melawan tukak lambung, meningkatkan metabolisme, mendukung fungsi saraf, dan berperan dalam sintesis hormon. Selain itu dalam nangka juga mengandung polisakarida yang meningkatkan kekebalan dengan berinteraksi dengan sel darah putih.

Selain daging buahnya yang bermanfaat untuk kanker, bagian dari pohon nangka juga tidak kalah bermanfaat. Contoh seperti bunganya yang dapat membantu menghentikan pendarahan pada luka terbuka, mencegah infestasi kurap serta mencegah keretakan pada kaki yang kering. Sementara akar nangka, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, asma, serta diare.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini