nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Kasih Angpao ke Ponakan Biar Gak Tekor, Jangan Dipukul Rata!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 07:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 25 612 2060367 tips-kasih-angpao-ke-ponakan-biar-gak-tekor-jangan-dipukul-rata-CjIKCu4KCH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI Lebaran identik dengan momen bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya) yang dilakukan oleh orang dewasa kepada sanak saudara di kampung halaman. Meski tidak diwajibkan, tradisi ini sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia.

Selain itu, bagi-bagi THR juga merupakan salah satu cara ampuh untuk memeriahkan suasana Hari Lebaran. Kapan lagi bisa melihat senyum kebahagian yang terpancar dari wajah mereka saat menerima lembaran uang baru.

Nah, bagi Anda yang tahun ini berniat memberikan THR kepada keponakan, om dan tante, Okezone telah merangkum tips bagi-bagi THR agar tidak tekor. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Minggu (26/5/2019).

Anak tetangga

Di sejumlah daerah, anak-anak tetangga biasanya akan berkunjung dari satu rumah ke rumah lain untuk meminta angpao Lebaran setelah Salat Ied.

Agar tidak terlalu boros, Anda bisa menyediakan uang pecahan Rp2 ribu-Rp10 ribu untuk mereka. Berikanlah secukupnya dan tidak perlu menggunakan amplop. Anak-anak akan senang ketika menerima lembaran uang baru.

Baca Juga: Ini Sosok Andre, Brimob yang Dituduh WNA pada Demo 22 Mei 2019

untuk keponakan atau sanak saudara, berilah angpao dengan jumlah sedikit lebih banyak dari anak-anak tetangga.

Keponakan SD

Nah, untuk keponakan atau sanak saudara, berilah angpao dengan jumlah sedikit lebih banyak dari anak-anak tetangga. Untuk keponakan yang masih duduk dibangku sekolah dasar, Anda bisa memberikan angpao sebesar Rp10 ribu - Rp50 ribu.

Bila ingin memberikan lebih banyak, pastikan Anda tidak memiliki banyak keponakan. Dengan demikian Anda bisa memberi Rp100 ribu per anak. Bungkuslah angpao dengan amplop dengan gambaf yang menggemaskan agar mereka lebih senang saat mendapatkannya.

Keponakan remaja (SMP dan SMA)

Bila punya keponakan yang sudah beranjak remaja, maka berilah angpau yang layak untuk mereka. Nominalnya bisa berkisar antara Rp20 ribu - Rp100 ribu. Sederhananya, jika Anda memberikan angpao kepada keponakan yang masih SD, akan lebih elok bila Anda melebihkan pemberian untuk keponakan yang sudah remaja.

Keponakan kuliah

Untuk anak kuliahan, biasanya mereka cenderung malu saat menerima angpau Lebaran. Namun jika Anda ingin menyenangkan hati mereka, berilah angpao dengan nominal yang cukup besar. Berilah angpao sebesar Rp50 ribu-Rp100 ribu secara diam-diam.

Anda bisa mengajak mereka ngobrol terlebih dahulu di depan teras rumah, saat ber-Lebaran di rumah sanak saudara. Tidak perlu dibungkus amplop, cukup berikan dengan gaya salam tempel.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini