nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bertemu Calon Mertua Pertama Kali saat Lebaran

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 16:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 26 196 2060564 tips-bertemu-calon-mertua-pertama-kali-saat-lebaran-d4aBmMsoxm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERSILATURAHMI ke rumah calon mertua saat Lebaran adalah bagian terpenting bagi pasangan, yang berniat melanjutkan hubungan pernikahan kelak. Tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya kamu enggak canggung.

Nah, mungkin Lebaran kali ini menjadi momen pertama kali bertemu, tentunya ada rasa was-was yang timbul dalam diri seseorang. Kekhawatiran tersebut biasanya terjadi secara alamiah, apalagi saking gugupnya.

Psikolog Meity Arianty punya tips jitu untuk pasangan, baik perempuan atau laki-laki yang berniat silaturahmi ke rumah calon mertua saat Hari Kemenangan tiba. Okezone merangkumnya lewat ulasan berikut, ditulis Minggu (26/5/2019).

1. Cari tahu apa yang disukai calon mertua

Pendekatan khusus terhadap calon mertua pasti tak bakal dilewatkan oleh seseorang. Cari tahu dulu apa kesukaannya, entah makanan atau kebiasaan yang ada di keluarga tersebut.

"Seperti kata orang bijak, saat kamu bertamu ke rumah seseorang, maka kamu harus melakukan cara yang biasa tuan rumah itu lakukan. Hal itu akan memudahkan kamu diterima," ungkap Mei saat dihubungi Okezone lewat pesan singkat.

2. Bersikap jujur

Bersikaplah jujur dalam menghadapi segala hal. Ceritakan apa adanya tentang hal pribadi. Misalnya tentang kuliah, pekerjaan, kehidupan sehari-hari, sampai keluarga.

Baca Juga: Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia, Yuk Kenali Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening
Ceritakan apa adanya tentang hal pribadi. Misalnya tentang kuliah, pekerjaan, kehidupan sehari-hari, sampai keluarga

3. Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi dengan calon mertua sangat penting dilakukan, karena dapat membangun hubungan lebih dekat. Perlu diperhatikan, dalam hal ini komunikasi bisa verbal dan non verbal.

4. Jangan terlalu berlebihan

"Ingat, kesederhanaan akan lebih menarik perhatian. Berlebihan baik dari dandanan, perilaku dan hal-hal lain," tutur Mei.

Usahakan kamu belajar mengendalikan diri dan lebih banyak mengamati. Sehingga nantinya akan mudah mengetahui apa yang dapat dilakukan, saat menghadapi situasi berbeda-beda.

5. Rileks

Jangan tegang dong Okezoners, kala ingin dapat beradaptasi dengan lebih baik dan tidak canggung. Karena biasanya saat seseorang tegang, akan lebih mudah melakukan kesalahan.

"Paling penting adalah berusaha rileks dan menikmati momen. Di saat itu, calon mertua akan merasakan ketulusan kamu berada di tengah keluarganya," simpul Mei. Nah, selamat mencoba Okezoners, dan selamat Lebaran dengan calon mertua.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini