nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bicarakan Kesehatan Mental, Marshanda: ke Psikiater Bukan Tanda Lemah

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 26 481 2060489 bicarakan-kesehatan-mental-marshanda-ke-psikiater-bukan-tanda-lemah-4CRWgwqKUX.jpg Marshanda (Foto: marshanda99/Instagram)

Pernah memiliki masalah kesehatan mental membuat artis Marshanda sangat memerhatikan hal tersebut dan sering membagikan pengalamannya kepada masyarakat. Lewat akun media sosial pribadinya, ia kerap memberikan saran atau membicarakan tentang kesehatan mental. Salah satunya tentang berkunjung ke psikiater.

Beberapa hari lalu, ibu satu anak itu mengunggah video ke IG TV akun @marshanda99 yang berjudul ‘Merasa Perlu ke Psikiater? Watch This!!!’. Dalam video berdurasi kurang lebih 6 menit itu, Marshanda mengatakan jika beberapa hari lalu dirinya mendapatkan Direct Message (DM) dari seorang ibu yang membuat dirinya sempat merasa takut. Ibu tersebut menceritakan jika dia merasa memiliki masalah dengan dirinya sendiri.

 Perempuan berbaju batik

Ibu tersebut seringkali berpikir untuk pergi ke psikiater karena merasa butuh bantuan untuk mengatasi masalahnya. Namun ia selalu merasa ragu dan menunda sehingga tak kunjung berkonsultasi ke psikiater. Hal itu berdampak pada dirinya yang berungkali mencoba bunuh diri dengan berbagai cara. Mulai dari minum obat nyamuk, melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri, hingga menyakiti anaknya yang masih berusia 2,5 tahun.

“Jujur ketika membaca DM itu aku panik, aku ngerasa kayak (tidak bisa berkata-kata), karena aku punya pengalaman berada dalam abusive relationship ketika aku masih kecil. Not physically, pengalaman abusive aku tidak pernah disakiti secara fisik tapi aku pernah mengalami mental abuse,” terang Marshanda seperti yang Okezone kutip, Minggu (26/5/2019).

 

Perempuan kelahiran 10 Agustus 1989 itu merasa cerita di DM seakan membangkitkan trauma masa kecilnya. Hal itu membuat Marshanda merasa takut lantaran tidak bisa membayangkan seorang anak kecil mengalami penyiksaan fisik dari orangtuanya. Oleh karenanya, ia berharap ibu tersebut segera ke psikiater.

“Kalau kamu merasa butuh bantuan itu benar. Kalau kamu merasa kamu ragu dan menunda-nunda untuk ketemu psikiater, lakukan itu sekarang. Cari siapapun psikiaternya, kamu bisa telepon teman-teman yang punya kenalan atau googling, apapun itu just do it,” tegas Marshanda.

Dirinya meminta agar ibu tersebut membuat janji untuk bertemu dengan psikiater dan berkonsultasi. Marshanda juga mengingatkan jika pergi ke psikiater bukan menandakan seseorang memiliki masalah. Memang banyak stigma yang menganggap jika hanya orang-orang bermasalah, aneh, atau bahkan kurang waras yang pergi ke psikiater.

“Semua orang di dunia ini bermasalah, pernah sakit, hancur, stres, apapun itu. Pergi ke psikiater bukan tanda orang lemah tapi tanda orang berani karena dia berani menolong dirinya sendiri,” terang mantan istri Ben Kasyafani itu.

Menurut Marshanda, pergi ke psikiater membuat seseorang yang punya masalah dengan kesehatan mentalnya bisa melihat ke dalam dirinya untuk mencari sumber masalah dari ketidaknyamanan, rasa stres, dan segala kesakitan. Dengan begitu, dia bisa healing dirinya sendiri. “Itu adalah tanda orang berani,” imbuhnya.

Marshanda menekankan jika seseorang harus menyelamatkan dirinya sendiri sebelum menyelamatkan orang lain. Dia juga berharap agar ibu yang menuliskan ceritanya lewat DM bisa segera ke psikiater dan bisa membantunya karena menginginkan yang terbaik.

“Siapapun kamu dalam hidupmu, kamu tidak perlu menunggu sampai menyakiti diri sendiri atau orang lain baru pergi ke psikiater. Lakukan itu sekarang, lawan itu sekarang, dan selamatkan itu sekarang,” tandas Marshanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini