nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segera Cuci Tangan Anda Setelah Pegang 10 Benda Ini

Willi Zera Kertangi, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 26 481 2060584 segera-cuci-tangan-anda-setelah-pegang-10-benda-ini-8msKJ9oxjv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Cuci tangan sangat penting untuk menjaga kebersihan karena dapat membasmi kuman yang ada di tangan. Mencuci tangan membatasi perpindahan bakteri, virus, dan kuman lain, menurut Mayo Clinic.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan penggunaan sabun dan air bersih atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol untuk cuci tangan, karena penelitian menunjukkan keduanya adalah cara yang efektif untuk menjaga tangan dari kuman.

Tentu saja, tidak mungkin untuk menjaga tangan Anda 100 persen bebas kuman setiap saat, tetapi hal tersebut sangat penting setelah menyentuh 10 hal berikut dilansir dari Reader’s Digest.

1. Uang

 Orang memegang uang

Mungkin Anda sering menggunakan uang tunai sekadar untuk isi bensin atau mungkin bayar parkir. Ketika Anda melakukannya, pastikan untuk mencuci tangan Anda sesegera mungkin. Para peneliti menguji uang kertas $ 1 dari bank New York City dan menemukan ratusan mikroorganisme, termasuk bakteri oral dan vagina, dan DNA dari hewan peliharaan dan virus. Penelitian serupa telah menunjukkan sejumlah uang tunai dan koin bahkan mengandung patogen seperti E. coli dan salmonella. Uang kertas $ 100 dapat beredar selama 15 tahun, menurut Federal Reserve. Anda tidak akan pernah menebak berapa banyak kuman yang bersembunyi di dompet Anda saat ini.

2. Pegangan tangan di kereta atau gagang pintu

Mencuci tangan sangat penting untuk membatasi penyebaran bakteri dan virus, kata Katy Burris, MD, seorang dokter kulit di Columbia University Medical Center. Salah satu yang sangat penting untuk diingat untuk mencuci adalah setelah naik transportasi umum, di mana banyak orang terus-menerus menyentuh permukaan yang sama, kata Dr. Burris. Ini mencakup semuanya, mulai dari pegangan tangan di eskalator hingga tiang di kereta hingga gagang pintu kamar mandi.

 Mencuci tangan

3. Buku menu restoran

Restoran bisa menjadi tempat yang penuh kuman, tetapi buku menu adalah yang paling buruk. Para peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa buku menu memiliki 185.000 organisme bakteri. Masuk akal, karena begitu banyak orang menangani menu restoran. Anda tidak bisa menghindari untuk menyentuhnya, tetapi pastikan bahwa Anda cuci tangan sesudahnya.

4. Segala sesuatu di ruang dokter

Berkat kunjungan pasien sakit yang datang sepanjang hari, sebagian besar barang di ruang dokter mengandung kuman atau bakteri. Faktanya, ada 46.000 lebih banyak kuman di tempat itu daripada di kursi toilet. Hal-hal kotor lainnya yang harus dihindari adalah sandaran tangan kursi ruang tunggu dan pegangan pintu. Jadi luangkan waktu beberapa menit setelah kunjungan Anda untuk mampir ke kamar kecil dan cuci dengan bersih dan pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang benar.

5. Segala macam hewan

 

Tidak semua orang mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan atau hewan liar, tetapi itulah yang mereka harus lakukan, menurut Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seorang dokter dan ahli kesehatan. "Hewan dapat membawa berbagai penyakit. Dan karena hewan peliharaan umumnya dianggap ramah keluarga, mencuci tangan kadang-kadang diabaikan," ujarnya. Cuci tangan setelah menyentuh binatang atau berinteraksi dengan hewan peliharaan, baik milik Anda atau orang lain, sangat penting.

6. Ponsel

"Kuman ada di mana-mana, dan beberapa tempat mungkin menyimpan lebih banyak daripada yang Anda sadari," kata Dr. Burris. Ponsel juga salah satunya terutama karena Anda sering meminjamkannya dengan orang lain. “Mencuci sederhana dengan sabun dan air akan mengurangi penularan patogen ini,” kata Dr. Burris.

7. Talenan dan spons dapur

Dapur adalah lingkungan yang penuh kuman. Anda tidak hanya membawa makanan mentah atau belum dimasak, tetapi juga alat pembersih makanan, peralatan, dan tekstil, seperti handuk dapur, talenan dan spons. Satu studi menemukan sebanyak 326 spesies bakteri yang hidup di spons dapur bekas. Pastikan untuk membuang yang lama, dan seperti yang disarankan Dr. Burris, selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan setelah memegang daging mentah.

8. Pena yang bukan milik Anda

Pena kantor rata-rata memiliki sepuluh kali kuman dari kursi toilet kantor rata-rata, sekitar 200 bakteri per inci persegi, menurut Wall Street Journal. Yang paling menjengkelkan adalah jika orang suka mengunyah atau menggigit ujung pena. Iyuh! Segeralah cuci tangan sehabis menggunakannya

9. Pompa sabun

Pompa sabun adalah surga bagi bakteri. Para peneliti dari University of Arizona menemukan wadah sabun isi ulang terutama yang mengandung kuman. Saat Anda menekan pompa, bakteri apa pun yang ingin Anda cuci memiliki peluang yang sama untuk ditransfer ke tempat sabun tersebut. Peneliti Charles Gerba, PhD, mengatakan menyentuh wadah sabun isi ulang sebenarnya dapat mentransfer lebih banyak bakteri ke tangan Anda daripada jika Anda memasukkan tangan ke toilet.

10. Segala macam hal di Bandara

Lebih banyak orang berarti lebih banyak kuman. Bandara adalah tempat yang setiap hari orang jumpai dan bahkan sampai 24 jam. Hindari menyentuh gagang pintu, air mancur, layar sentuh, dan terutama bak plastik atau baki di toilet bandara, yang mengarah ke kontaminasi, menurut penelitian yang diterbitkan dalam BMC Infectious Diseases.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini