nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menghadapi Pertanyaan Serba Kapan saat Kumpul Lebaran

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 26 612 2060611 tips-menghadapi-pertanyaan-serba-kapan-saat-kumpul-lebaran-ftgw9YXsmM.jpg Kumpul keluarga saat lebaran (Foto: Aapview)

TIDAK terasa bulan Ramadan 1440 Hijriah sudah memasuki dua pekan terakhir, ini artinya hari Lebaran pun sudah siap disambut di depan mata.

Saat Lebaran tiba, kita biasanya berkumpul bersama sanak-keluarga bukan? Namun sayangnya, momen kumpul keluarga besar ini bisa merusak mood dengan hadirnya sederet pertanyaan serba kapan.

Ya, ‘Kapan menikah?’, ‘Kapan punya anak?’, hingga ‘Kapan lulus sekolah?’ adalah pertanyaan klasik namun cukup dipandang menyebalkan bagi sebagian orang. Nah, jika Anda adalah termasuk orang yang harus menghadapi pertanyaan pribadi seperti ini ada baiknya untuk menyiapkan jawabannya sedari sekarang.

Menghimpun berbagai sumber, Minggu (26/5/2019) berikut ulasan sederet tips untuk menghadapi pertanyaan serba kapan, kapan menikah, kapan punya anak, hingga kapan lulus saat kumpul keluarga Lebaran nanti.

 

A) Kapan menikah

1. Jawab jujur : Jika kondisinya Anda sendiri pun tidak mengetahui kapan Anda akan menikah, cara paling gampang ialah menjawabnya dengan jujur. ‘Saya tidak tahu kapan, tanya saja kepada dirinya-pasangan Anda,’. Bisa jadi jawaban pamungkas yang singkat namun jelas.

2. Tegas : Tegas di sini maksudnya bisa dengan memberikan penjelasan bahwa tidak semua orang itu tertarik akan konsep pernikahan dan mau menikah. Jelaskan bahwa Anda punya pilihan gaya hidup sendiri.

3. Stop dengan sopan : Jika sudah tak tahan, ingat tak perlu emosi ya! Cukup minta dengan sopan kepada sang penanya untuk berhenti menanyakan pertanyaan yang menyangkut masalah pribadi ini.

4. Ubah topik pembicaraan : Saat sudah mengarah ke pertanyaan kapan menikah saat sedang berbincang, segera alihkan dengan halus topik pembicaraan ke hal lain. Misalnya membahas soal rencana liburan bersama, atau sekedar membahas tempat makan atau tempat nongkrong yang sedang hits.

 

B) Kapan punya anak

1) Tidak tahu : Ya, sah-sah saja kok kalau Anda mau memberikan jawaban tidak tahu. Bahkan bisa diperjelas lagi dengan penjelasan bahwa sekarang ini Anda sedang begitu menikmati waktu berdua bersama pasangan, dan menikah itu bukanlah hanya soal perkara mempunyai anak.

2) Bersikap santai: Salah satu contoh menghadapinya dengan santai bisa dengan memberikan jawaban diplomatis, contohnya “Kami masih dalam tahap saling menjajaki lebih dalam lagi”.

3) Bercanda : Jika tidak mau ambil pusing atau capek-capek menjelaskan, langsung saja skak-mat sang penanya dengan jawaban ‘Tanya saja ke suami atau istri saya”. Biasanya ketika mendengar jawaban ini, orang yang akan bertanya akan malas untuk bertanya lebih lanjut lagi.

C) Kapan lulus sekolah

1) Beri jawaban logis : Agar tak tersulut emosi, cara pertama yang bisa dipilih ialah dengan memberikan jawaban logis seperti “Ya nanti kalau sudah selesai skripsi dan sidang”. Dengan jawaban yang tepat secara teknis ini, Anda tak perlu basa-basi dan berbohong kan?

2) Jawab tidak tahu : Nah, jawaban ‘Tidak tahu’ atau ‘Kapan-kapan’ ini bisa dipilih untuk dilontarkan jika Anda sudah merasa muak dan pusing dengan pertanyaan ini. Jawaban singkat, lugas, dan tegas. Tapi lihat-lihat dulu ya siapa yang bertanya, ada baiknya jawaban ini dilontarkan jika yang bertanya misalnya saudara sepupu yang masih muda atau seumuran.

3) Minta doa : Sudah habis akal? Cara terakhir untuk menjawab pertanyaan kapan lulus saat Lebaran ini ialah dengan bersikap lapang dada. Tersenyum simpul sambil minta didoakan saja kepada si penanya, agar Anda bisa segera lulus dalam waktu dekat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini