nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiket Pesawat Mahal, Kereta Api Wisata Jadi Incaran Para Pemudik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 27 406 2061008 tiket-pesawat-mahal-kereta-api-wisata-jadi-incaran-para-pemudik-RE4JQgYwK8.JPG Fasilitas di kereta api wisata (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Masyarakat mulai mencari cara untuk menyiasati melambungnya harga tiket pesawat dalam beberapa bulan terakhir. Terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang akan jatuh pada 5-6 Juni 2019. Kereta api wisata pun jadi incaran para pemudik.

Menurut penuturan Totok Suryono, Direktur PT. Kereta Api Pariwisata, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan khusus seiring meningkatnya permintaan masyarakat terhadap moda transportasi berbasis kereta api wisata.

 Kereta Api Wisata

"Menjelang arus mudik dan masa liburan Idul Fitti 1440 H, kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dengan memberikan fasilitas tanbahan berupa travel kit secara gratis, sehingga bisa menambah kenyamanan mereka selama perjalanan pulang ke kampung halaman," tutur Totok Suryono, di Kantor Kereta Api Wisata, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang juga tidak terlepas dari melonjaknya harga tiket pesawat menjelang momen mudik Lebaran.

 

Pada masa mudik Lebaran tahun ini, pihaknya menargetkan sebanyak 8.435 penumpang yang menggunakan kereta wisata. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari pola sewa carter dan pola FIT (perseorangan). Bila dijabarkan, jumlah pola sewa carter senanyak 583 penumpang dan pola FIT sebanyak 7.852 penumpang.

Baca Juga: Menjajal Kereta Wisata yang Ditumpangi Presiden Jokowi, Tak Kalah Keren dari Pesawat

"Animo masyarakat ternyata sangat besar. Sejak resmi dioperasikan pada 2017 lalu, masyarakat tampaknya sudah mulai menyadari keberadaan Kereta Api Wisata. Sampai hari ini, target kami sudah tercapai hingga 85%," ungkap Totok.

 

Untuk tiket dan biaya carter kereta api wisata sendiri disesuaikan dengan rute yang dipilih. Rute Jakarta-Surabaya pola FIT dimulai dari harga Rp1,1 juta - Rp1,2 juta. Kemudian untuk rute Jakarta-Bandung yang jumlah okupansinya selalu menyentuh angka 100% dibanderol seharga Rp350 ribu.

Sementara biaya carter kereta api wisata dengan rute Jakarta-Yogyakarta berkisar Rp27 juta per gerbong. Biaya ini belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini