nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Lebaran, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Klaim Obat Lebih Awal

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 11:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 27 481 2060782 libur-lebaran-peserta-bpjs-kesehatan-bisa-klaim-obat-lebih-awal-c5YhWW0zLS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PASIEN dengan penyakit kronis memang harus mengonsumsi obat agar kondisinya stabil. Lantas, bagaimana nasib mereka para pasien ini, lantaran saat Lebaran akan ada libur panjang.

Bagi peserta JKN-KIS, Anda jangan khawatir selama libur Lebaran Anda tetap bisa klaim obat seperti biasa tanpa harus dipersulit. Ketentuan sementara saat Lebaran, Anda bisa mengambil obat tersebut 30 hari sebelum jatuh tempo jadwal pengambilan obat semestinya.

Asisten Deputi Direksi Bidang Pengelolaan Faskes Rujukan Beno Herman mengatakan, kemudahan tersebut bisa didapatkan sebagai antisipasi rumah sakit. Dengan cara tersebut, kondisi tubuh Anda tetap stabil dan bisa ikut merayakan Hari Kemenangan dengan lancar.

"Bagi peserta JKN-KIS yang sakit kronis, bisa ambil obat dari awal sebelum H-7 Lebaran. Jangan sampai yang bersangkutan butuh obat terus counter obat tidak buka," ucap Beno saat Press Conference Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Baca Juga: Anak Masih Asyik Belanja di Aiport, Wanita Ini Halangi Pesawat untuk Terbang

Peserta harus datang lebih dulu ke FKTP untuk melakukan pemeriksaan lanjutan

Beno menambahkan, pengambilan obat tersebut bisa dilakukan di apotek PRB (Program Rujukan Balik) atau instalasi farmasi rumah sakit. Caranya, peserta harus datang lebih dulu ke FKTP untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Prosedurnya peserta penyakit kronis yang stabil, contohnya saya di Jakarta, saat masa libur Lebaran ambil obat lebih maju satu minggu, minta rujukan ke FKTP, datang ke rumah sakit ambil obat yang semestinya diminum," kata Beno.

Bagi yang sudah terlanjur di kampung halaman, Anda bisa datang ke FKTP terdekat dengan prosedur yang sama. Bawalah kartu BPJS Kesehatan yang aktif atau ringkasnya tunjukkan kartu kepesertaan dengan aplikasi Mobile JKN.

"Kalau memang tidak ada FKTP yang buka (saat Lebaran), bisa datang ke IGD rumah sakit tanpa rujukan. Silakan saja, nanti kalau dipersulit adukan saja ke kami," pungkas Beno.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini