Pacaran Harus Berpenampilan Rapi atau Pakai Running Shoes? Yuk Intip Apa Kata Netizen!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 27 612 2060784 pacaran-harus-berpenampilan-rapi-atau-pakai-running-shoes-yuk-intip-apa-kata-netizen-e1Jw43I62M.jpg Ilustrasi Muda Mudi Pacaran

MALAM minggu merupakan salah satu momen paling dinantikan oleh para pasangan kekasih, maupun mereka yang sudah mengikat janji suci. Kapan lagi bisa pacaran atau bersantai bersama orang terkasih sembari menikmati hidangan lezat di restoran fancy, ngopi cantik di coffee shop, atau sekadar menyantap gulai tikungan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan?

Ya, semua orang memiliki cara masing-masing untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang mereka sayangi. Namun, seiring berkembangnya zaman, perilaku masyarakat pun kini mulai mengalami pergeseran. Hal ini juga menyangkut tentang cara berpakaian mereka saat pacaran.

Sabtu lalu, 25 Mei 2019, netizen Indonesia sempat dihebohkan oleh curahan hati seorang pengguna twitter dengan akun @misskittypryde. Dalam cuitannya, penulis e-book 'Buat Dia Melamar Kamu' itu merasa gregetan ketika melihat seorang pria menggunakan running shoes (sepatu lari) saat sedang ngedate dengan pacarnya.

Running Shoes Dipakai Ngedate sama pacar

"Cewe udah cape-cape dandan milih baju + heels, eh malah harus ketemu cowo yg urusan sepatu masih asal-asalan," tulis Kitty.

Untuk memperkuat argumentasinya, penulis yang akrab disapa Kitty itu mengutip sebuah cuitan yang berisikan informasi tentang jenis-jenis sepatu pria dan tata cara mengenakannya. Cuitan tersebut sontak memicu pro dan kontra di kalangan netizen. Tak sedikit pula yang terpancing dengan komentar sang penulis. Apalagi Kitty juga mengomentari pasangan yang ngedate menggunakan sandal gunung.

"Kita kan gak tau mba, kali aja itu sepatu terbaik yang dia punya :') kalo pun masnya emang kurang paham fungsi atau estetika itulah fungsi cewe, membantu dia memahami kurangnya itu :")," tulis akun @isabeatrix bijak.

"Semoga mba dapat jodoh orang kecamatan atau kelurahan ya biar apapun momennya tetap pantofel," tulis @tuantigabelas rapper multitalenta yang juga kedapatan ikut mengomentari cuitan Kitty.

"Itu pake running shoe biar bisa gampang lari dari mba," canda seorang netizen dengan akun @andrewandisgn

Namun, ada juga netizen yang setuju dengan komentar Kitty. Menurut mereka berpenampilan baik adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri dan orang lain.

"Berpenampilan baik adalah cara untuk menghargai diri sendiri & orang yang ingin kita temui. Style is a way to say who you are without having to speak. - Rachel Zoe," tulis akun @missdika.

Running Shoes Dipakai Ngedate sama pacar

"Prinsip aku, kalau aku pakai sepatu ya dia harus pake sepatu juga. Ya masa w pake sepatu dia pakai sendal, Aku pakai sendal dia pake sendal. Simple," tulis akun @limsadiyah_

Pro kontra running shoes ini pun berhasil menarik perhatian Okezone. Kami telah mengadakan survey kecil-kecilan kepada sejumlah responden di beberapa platform media sosial. Beberapa di antara mereka mengaku tidak keberatan jika sang pacar mengenakan running shoes, asalkan sesuai dengan tempat yang akan mereka kunjungi. Seperti yang diungkapkan oleh Sitti Utami Harlianty yang kini tengah bekerja di salah satu perusahaan BUMN.

"Kalau ke Blok M doang mah ngapain rapi-rapi, tapi kalau ke mall ya harus tampil rapih dong. Biasanya kalau tidak mau salah kostum, aku biasanya ingetin cowo aku buat pakai baju yang sesuai. Anyway jangan dibuat ribet lah. Kalau running shoesnya Balenciaga, kicep deh cewenya," tuturnya.

Selain tempat, beberapa responden justru mempertimbangkan padu padan outfit yang dikenakan oleh sang pacar. Tak apa mengenakan running shoes asal nyambung dengan outfit mereka.

"Mau pakai sepatu apa pun asal nyambung sama outfitnya alias matching dan enak dilihat aja sudah cukup sih. Kebetulan saya tidak pernah menunut, karena pacar sudah tau apa yang mau dia pakai," ujar Siska seorang jurnalis lifestyle di iNews.id.

Running Shoes Dipakai Ngedate sama pacar

Hal senada juga diungkapkan oleh Andi Ilfa. Wanita yang pernah merantau hingga ke Negeri Sakura Jepang ini tidak pernah keberatan bila sang pacar mengenakan running shoes. 

"Tergantung,nyambung dari atas ke bawah nggak? Menurutku lebih nggak oke pakai jeans terus pake fantopel. Toh, aku juga cewek anti heels kalau bukan urusan kerjaan atau kondangan, sehari hari lebih suka pake sneakers jadi sih yah oke oke aja. Pakai runningshoes bukan berarti ng oke , pake heels bukan berarti oke juga kan di Jepang banyak tuh yang kemna mana pakai running shoes tetep oke dan cool, semua tergantung sih yah hehe peace," papar Ilfa. 

Jawaban selanjutnya datang dari Deddy Hermawan yang saat ini sedang bekerja di bidang kreatif. Menurut pria yang akrab disapa Aa Deddy, fashion itu tidak ada batasan. Jadi semua orang bebas mau bergaya seperti apa pun. 

"Tapi kembali lagi ke tastenya masing-masing. Bukan masalah brand tapi lebih ke outfit matchnya sih. Gue sama cewen gue juga kalau mau ngedate saling komen oufit sih kalau enggak cocok ya gue suruh ganti cewek gue pun bgtu. Jadi klo liat pasangan yang outfitnya aneh aneh/kocak ya brarti selera itu pasangan ya sampe segitu aja," ujar Deddy. 

Pendapat berbeda diutarakan oleh Intan Nelysia. Wanita asli Makassar yang juga pernah bekerja di Shanghai, China, ini menegaskan bahwa berpenampilah rapi dan serasi itu penting. Tetapi juga harus disesuaikan dengan tempat yang hendak disambangi. 

"Memang akhir-akhir ini selalu rapi jadi kalau keluar pasti minta pacar untuk rapih juga lah biar tetap serasi diliatnya. Kan aneh juga kalau misalnya si cewek rapih pakai heels dan all out terus cowoknya gayanya terlalu santai, jatuhnya jadi berat sebelah," tegas Intan. 

"Ini 2019 guys, bukan cuman cowok metropolitan yang harus on fleek, cowok biasa pun harus stand out haha. Kan enak gitu dipandang kalau dua-duanya presentable, biar pleasant dimana pun berada. Apa salahnya berpakaian keren dan rapih?," timpalnya. 

Jadi bagaimana Okezoners? Kamu tim #runningshoes atau tim #pantofel saat pacaran? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini