nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekomendasi Buka Puasa dengan Hidangan Nasi Khas Indonesia

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 28 298 2061287 rekomendasi-buka-puasa-dengan-hidangan-nasi-khas-indonesia-gSkhWNP7uZ.jpg Aneka hidangan nasi lezat khas Indonesia (Foto:Instagram)

INDONESIA terkenal akan aneka hidangan nasi yang khas dari berbagai daerah. Bila Anda penyuka hidangan Nusantara, tentu aneka hidangan khas kaya rasa jadi andalannya. .

Kangen ingin mencicipi menu nasi dari seluruh Indonesia? Datang saja ke Wyl’s Kitchen yang ada di Veranda Hotel, Jakarta. Di sini ada berbagai menu nasi pilihan dari berbagai daerah yang akan memanjakan lidah. Beberapa di antaranya yang bisa menjadi referensi Anda untuk berkuliner ria di seputaran Jakarta.

Pertama, ada nasi jango dari Bali yang simpel dihidangkan bersama lalapan, sate lilit ikan, kulit ayam, sambal matah, sayuran lawar khas, dan spesialnya untuk nasi jango adalah taburan serundeng di atas nasi hangatnya.

Seketika, tercium aroma manis yang seketika membuat siapa pun ingin mencicipinya. Selain sayur lawar yang agak mirip urap itu berpadu parutan kelapa dan bumbu, Anda juga akan merasakan cita rasa asam manis di lauk kulit ayam racikan chef di Wyl’s Kitchen yang cukup terasa “medok”. “Di menu nasi yang khas Nusantara ini, memang semua bumbunya sudah strong tapi di masing-masing item ada flavour yang kuat seperti di sambal matah, telur, maupun serundengnya,” sebut Head Chef di Wyl’s Kitchen Elyusrar.

 

Pada menu nasi ala Nusantara lainnya, KORAN SINDO masih menemukan bumbu yang kuat di lidah. Seperti nasi janda kembang yang merupakan nasi tutug yang asli Jawa Barat. Anda bisa menemukan sayur bunga pepaya, sambal kecombrang, sayur rebung, kerupuk dan gendar yang dibuat dari adonan nasi.

Nah, spesialnya nasi janda kembang ini sajian nasinya dibakar sehingga tercium aroma bakaran yang harum saat dinikmati. “Menu nasi ini akan hadir berbeda-beda setiap harinya, karena kita punya 15 menu nasi, tapi sehari ada 3 varian nasi khas Indonesia, dilengkapi menu Asia lain seperti dari Thailand dan Malaysia yang ada di restoran,” tambah Chef El.

Selain dua jenis hidangan nasi khas Nusantara tadi, Anda juga bisa menemukan menu nasi ulam khas Betawi yang di dalamnya ada serundeng, pete bakar, timun slice, tempe bacem, dan telur balado. Lalu ada nasi sayur dari Surabaya yang menggunakan nasi hangat, telur kuah kuning, crispy kentang, sambal uleg, dan lalapan.

Juga masih dari wilayah Jawa Timur, Ada nasi bebek ireng, pakai nasi merah, bebeknya sendiri dibumbui spesial karena sebelumnya direndam terlebih dahulu dengan bumbu kluwek . Tak lupa ada pelengkap sambal terasi, kerupuk gendar, dan lalapan.

Terdengar makin terasa nikmat kan? Di waktu lain, Anda juga bisa menemukan nasi mengono dari wilayah Jawa Tengah yang menambahkan sayuran urab, tempe balado, tumis cumi hitam, telur sambal, dan dilengkapi kerupuk emping. Kemudian untuk Anda yang suka pedas, cobalah nasi manjo yang khas Manado.

Menyajikan nasi bakar dengan ikan roa, ayam woku, bakwan jagung, dan tentu saja sambal dabu-dabu. Kalau suka manis, maka nasi gudeg khas Yogyakarta akan menjadi pilihan pas yang menggunakan lauk gudeg nangka, opor ayam, krecek, dan sambal terasi. Terakhir yang mungkin kangen kampung halaman, ada nasi timbel, yaitu sajian nasi bakar, memakai iga bakar, acar, sambal hijau, kuah iga, dan emping.

Penasaran ingin mencoba? Langsung saja datangi Wyl’s Kitchen yang ada di Veranda Hotel, Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain menu berupa nasi ala Indonesia ini, Anda bisa menemukan menu lain dari Asia maupun Barat yang berganti setiap harinya di buffet maupun signature menu untuk ala carte.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini