nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sakit saat Mudik, Tak Perlu Khawatir Mobil Klinik Siap Membantu Anda

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 28 481 2061464 sakit-saat-mudik-tak-perlu-khawatir-mobil-klinik-siap-membantu-anda-tllYJdE3l1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA mudik Lebaran, kita memang harus menjaga diri agar tetap sehat. Sayangnya, ada faktor-faktor eksternal yang mungkin menyebabkan kita jatuh sakit.

Meski demikian, kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal, walaupun tengah mudik di kampung halaman. Bahkan, guna memastikan semua orang saat lebaran, maka ada mobil klinik di beberapa tempat.

Mobil klinik tersebut fungsinya sama dengan fasilitas kesehatan pada umumnya. Terdapat tenaga medis, alat kesehatan, serta kesiapan obat-obatan yang mumpuni.

Di saat Lebaran energi seseorang sudah terkuras untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Bisa saja tubuh menjadi drop dan harus konsultasi dengan dokter.

Chief of Business Support Officer PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, (TBIG) Lie Si An mengatakan, akan ada mobil klinik yang disebar di setiap kecamatan. Menurutnya, Sebagian mobil tersebut berada di titik-titik jalur mudik.

Baca Juga: Kapal Titanic II Dijadwalkan Bakal Berlayar 2022

Image result for dokter shutterstock, okezone

"Kami mengirimkan satu unit mobil klinik, misalnya ke Kecamatan Tabapananjung, Bengkulu Tengah dan Batiknau, Bengkulu Utara. Di sana harapannya bisa membantu meringankan belasan ribu warga yang harus mengungsi," ucapnya lewat keterangan kepada Okezone, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, masyarakat di 23 kabupaten dari 9 provinsi dianggap sangat membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan. Total rencana aksi yang akan dijalankan berjumlah 34 kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Adapun mobil klinik tersebut beroperasi di Jawa Barat (Depok, Sukabumi, Cirebon, Kuningan, Indramayu), Riau (Rokan Ilir, Kampar dan Pekan Baru), Kalimantan Timur (Samarinda), DKI Jakarta (Pulo Gadung), Jawa Tengah (Kudus, Pati, Tegal, Banyumas).

Sementara untuk di DIY (Bantul), Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo), Sumatera Utara (Pematang Siantar, Nias Selatan, Nias, Kota Gunung Sitoli), Bengkulu (Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara).

Ditambahkan Presiden Direktur PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, Herman Setya Budi, pihaknya ingin agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal, meskipun tengah mudik. "Kami selalu proaktif dalam merespons kondisi-kondisi darurat semacam ini," kata Herman.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini