nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkes: 6.047 Pos Kesehatan Siap Layani Pemudik di Seluruh Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 19:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 28 481 2061501 menkes-6-047-pos-kesehatan-siap-layani-pemudik-di-seluruh-indonesia-VTswrlk2Tp.jpeg Menkes Nila Moeloek (Foto: Dimas/Okezone)

Pelayanan Kesehatan beserta fasilitas lainnya tentu menjadi elemen terpenting dalam momen mudik Lebaran setiap. Nah, menjelang mudik Lebaran 2019, Kemenkes menyediakan pelayanan kesehatan full time 24 jam bagi para pemudik.

Hal tersebut disampaikan secada langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat menghadiri acara Ngabuburit sehat bersama Menkes dan Menhub di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

“Pos-pos kesehatan siap melayani para pemudik. Namun, kami juga berharap agar para pengemudi melakukan cek kesehatan sebelum berangkat, diharapkan tidak ada yang menggunakan obat-obatan terlarang serta tetap menjaga kesehatan,” jelas Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di lokasi.

 Ngabuburit sehat

Nila mengatakan, kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Sejauh ini, penyakit hipertensi dan diabetes mendominasi para pemudik setiap tahunnya, sehingga perlu upaya promotif dan preventif.

Saat ini, pos kesehatan telah tersedia sebanyak 6.047 yang tersebar di seluruh provinsi. Dengan demikian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan cek kesehatan selama momen mudik berlangsung.

“Posko kesehatan telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 Lebaran, begitu pun pelayanan kesehatan lainnya,” terang Menkes Nila.

 Nila mengatakan, kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia

Selain menyediakan posko kesehatan, fasilitas yang telah disiapkan Kemenkes juga mencakup sumber daya manusia, dalam hal ini para tenaga kesehatan yang berkompeten. Jika perlu pengobatan lebih lanjut, sejumlah pos kesehahan di stasiun, bandara dan pelabuhan telah bekerjasama dengan Puskesmas, sehingga pemudik bisa langsung dirujuk ke RS setempat.

"Para tenaga kesehatan pun sudah kami siapkan. Mereka siap melayani selama 24 jam dengan sistem shifting tentunya," tukas Nila.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini